TAV Modul C Pedagogik
Total Nilai : 100
1
Model
pengembangan kurikulum yang dikembangkan dari atas ke bawah, dimana gagasan
pengembangan kurikulum datang dari para administrator pendidikan dan dengan
menggunakan prosedur administrasi yang bersifat sentralistik disebut dengan :
Jawaban Peserta : A. Model
Adminstratif
10 Poin
2
Silabus
merupakan rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran yang mencakup
Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Selaras dengan pengembangan
silabus maka materi pembelajaran yang akan dikembangkan memperhatikan
pencapaian :
Jawaban Peserta : B.
Kompetensi Inti dan kompetensi dasar, kesesuaian dengan materi pokok yang
diajarkan, mendukung pengalaman belajar, ketepatan metoda dan media
pembelajaran, dan sesuai dengan indikator untuk mengembangkan asesmen serta
berdasarkan 3 (tiga) ranah yaitu : ranah pengetahuan, ketrampilan dan
sikap
10 Poin
3
Jika tujuan
pembelajaran khusus berbunyi : Siswa dapat membuat sambungan ekor burung
menggunakan alat tangan sederhana dengan benar dalam waktu 4 jam, maka
pengalaman belajar yang sangat cocok diberikan pada siswa dalam rangka mencapai
tujuan tersebut adalah :
Jawaban Peserta : D. Pengalaman
belajar langsung
10 Poin
4
Terdapat tiga tingkatan modus belajar, yaitu
pengalaman langsung (enactive), pengalaman piktorial/gambar (iconic),
dan pengalaman abstrak. Ketiga pengalaman tersebut dikemukakan oleh :
Jawaban Peserta : C.
Brunner
10 Poin
5
Jika
indikator pencapaian kompetensi berbunyi : Surat dinas diketik dengan 10 jari
tanpa kesalahan dalam waktu 15 menit, maka rumusan tujuan pembelajaran
khusus yg paling tepat adalah :
Jawaban Peserta : C. Siswa
dapat mengetik surat dinas dengan 10 jari tanpa kesalahan dalam waktu 15
menit
10 Poin
6
Setiap
merumuskan tujuan pembelajaran perlu memperhatikan persyaratan yg harus
dipenuhi. Empat syarat yang harus dipenuhi dalam perumusan tujuan pembelajaran
khusus adalah :
Jawaban Peserta : A.
Audience (sasaran pembelajaran), behaviour (perubahan perilaku), conditions
(kondisi), dan degree (ukuruan keberhasilan)
10 Poin
7
Tantangan yang berkaitan dengan penguatan pola
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus memiliki
pilihan-pilihan terhadap materi yang dipelajari dan gaya belajarnya (learning style)
untuk memiliki kompetensi yang sama. Hal tersebut merupakan rasional
pengembangan kurikulum berdasarkan pada faktor :
Jawaban Peserta : B.
Penyempurnaan Pola Pikir
10 Poin
8
Kurikulum
harus relevan dengan tuntutan masyarakat, kebutuhan peserta didik, tuntutan
dunia kerja, dan tentunya dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
(iptek). Pernyataan tersebut merupakan :
Jawaban Peserta : B. Prinsip
relevansi dalam pengembangan kurikulum
10 Poin
9
Setiap
kurikulum dikembangkan berdasarkan faktor-faktor tertentu. Kurikulum SMK
2013 dikembangkan berdasarkan faktor-faktor sebagai berikut:
Jawaban Peserta : A.
Tantangan internal, tantangan eksternal, penyempurnaan pola pikir, penguatan
tata kelola kurikulum, dan penguatan materi.
10 Poin
10
Jika tujuan
pembelajaran khusus berbunyi : “Siswa dapat mengetik surat dinas dengan 10 jari
tanpa kesalahan dalam waktu 15 menit”, sedangkan pengalaman belajar yang akan
diberikan adalah pengalaman langsung, maka materi pelajaran yg paling tepat
adalah :
Jawaban Peserta : D.
Mengetik surat dinas
10 Poin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar