LAPORAN
PENGEMBANGAN DIRI
Drs. PRISTIADI UTOMO, M.Pd
NIP.
196609031994121003
SMK
NEGERI 11 SEMARANG
SMK
NEGERI 11 SEMARANG
Jl CEMARA RAYA BANYUMANIK SEMARANG
2015
IDENTITAS GURU
1.
Nama Sekolah
|
:
|
SMK Negeri 11 Semarang
|
2. Nama Guru
|
:
|
Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd
|
3. NIP
|
:
|
196609031994121003
|
4. Jabatan/Golongan Guru
|
:
|
Guru Madya / IV a
|
5. Alamat Sekolah
§ Jalan
§ Kota
§ Provinsi
§ Telpon/Fax
|
:
:
:
:
|
Jl Cemara Raya Banyumanik
Semarang
Jawa Tengah
024 7472008
|
6. Mengajar Mata Pelajaran
|
:
|
Fisika
|
7. SK Pengangkatan
|
||
a.
Sebagai CPNS
§ Pejabat yang
mengangkat
§ Nomor SK
§ Tanggal SK
b.
Pangkat Terakhir
§ Pejabat yang
mengangkat
§ Nomor SK
§ Tanggal SK
|
:
:
:
:
:
:
|
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
73786/A2/C/1994
19 November 1994
Gubernur Jawa Tengah
823.4/08958
31 Oktober 2008
|
8. Alamat Rumah
§ Jalan
§ Kabupaten
§ Provinsi
§ Telpon/ HP
|
:
:
:
:
|
Pondok Majapahit I/W-9 Mranggen
Demak
Jawa tengah
024 6722607 / 08157610939
|
LAPORAN
PENGEMBANGAN DIRI
Oleh:
Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd
NIP. 196609031994121003
Semarang, 31 Desember 2015
Kepala Sekolah, Koordinator PKB,
Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd Ir. Diwyacitta Prasasti, M.Si
NIP. 196212191993031007 NIP. 196412021993032004
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis haturkan ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia
yang dilimpahkan kepada penulis sehingga Laporan Pengembangan
Diri ini dapat diselesaikan sebagaimana mestinya.
Penulis
menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini dapat
diselesaikan berkat adanya bantuan, bimbingan, dorongan dan petunjuk dari
berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih dan
penghargaan yang sebesar – besarnya kepada:
1. Bapak Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd selaku
Kepala SMKN 11 Semarang yang telah
memberikan tugas kepada penulis untuk mengikuti berbagai kegiatan
pengembangan diri yang telah penulis laksanakan.
2. Teman-teman seprofesi yang telah memberikan bantuan semangat
dan motivasi untuk bisa
diselesaikannya penulisan laporan ini.
Penulis
menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih
banyak terdapat kekurangan, oleh karena itu, penulis mohon maaf yang
sebesar-besarnya. Meski demikian, penulis tetap berharap
agar kiranya laporan ini dapat digunakan untuk keperluan yang semestinya.
Semarang,
31 Desember 2015
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR SAMPUL ……………………………………………………………… i
LEMBAR IDENTITAS …………………………………………………………… ii
LEMBAR PENGESAHAN ………………………………………………………… iii
KATA PENGANTAR …………………………………………………………… iv
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………… v
A. PENDAHULUAN
……………………………………………………………… 1
1. Latar
Belakang …………………………………………………………… 1
2. Tujuan
Umum …………………………………………………………… 1
B. PENGEMBANGAN
DIRI (1)
1. Waktu
Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan ……………………………
2
2. Jenis
Kegiatan …………………………………………………………… 2
3. Tujuan
PD …………………………………………………………… 2
4. Uraian
Materi PD …………………………………………………………… 2
5. Tindak
Lanjut …………………………………………………………… 2
6. Dampak
PD …………………………………………………………… 3
C. PENGEMBANGAN
DIRI (2)
1.
Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara
Kegiatan …………………………… 4
2.
Jenis Kegiatan …………………………………………………………… 4
3.
Tujuan PD …………………………………………………………… 4
4.
Uraian Materi PD …………………………………………………………… 4
5.
Tindak Lanjut …………………………………………………………… 4
6.
Dampak PD …………………………………………………………… 4
D. PENGEMBANGAN
DIRI (3)
1.
Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara
Kegiatan …………………………… 5
2.
Jenis Kegiatan …………………………………………………………… 5
3.
Tujuan PD …………………………………………………………… 5
4.
Uraian Materi PD …………………………………………………………… 5
5.
Tindak Lanjut …………………………………………………………… 5
6.
Dampak PD …………………………………………………………… 5
E. PENGEMBANGAN
DIRI (4)
1.
Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara
Kegiatan …………………………… 6
2.
Jenis Kegiatan …………………………………………………………… 6
3.
Tujuan PD …………………………………………………………… 6
4.
Uraian Materi PD …………………………………………………………… 6
5.
Tindak Lanjut …………………………………………………………… 6
6.
Dampak PD …………………………………………………………… 6
F. PENGEMBANGAN
DIRI (5)
1.
Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara
Kegiatan…………………………… 7
2.
Jenis Kegiatan …………………………………………………………… 7
3.
Tujuan PD …………………………………………………………… 7
4.
Uraian Materi PD …………………………………………………………… 7
5.
Tindak Lanjut …………………………………………………………… 7
6.
Dampak PD …………………………………………………………… 7
G. PENGEMBANGAN
DIRI (6)
1.
Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara
Kegiatan …………………………… 8
2.
Jenis Kegiatan …………………………………………………………… 8
3.
Tujuan PD …………………………………………………………… 8
4.
Uraian Materi PD …………………………………………………………… 8
5.
Tindak Lanjut …………………………………………………………… 8
6.
Dampak PD …………………………………………………………… 8
H. PENGEMBANGAN
DIRI (7)
1.
Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara
Kegiatan …………………………… 9
2.
Jenis Kegiatan …………………………………………………………… 9
3.
Tujuan PD …………………………………………………………… 9
4.
Uraian Materi PD …………………………………………………………… 9
5.
Tindak Lanjut …………………………………………………………… 9
6.
Dampak PD …………………………………………………………… 9
I. PENUTUP …………………………………………………………………… 10
LAMPIRAN-LAMPIRAN
·
Format Rekapitulasi Kegiatan
Pengembangan Diri
·
Foto Copy Sertifikat/Surat Keterangan
·
Foto Copy Surat Penugasan Kepala
Sekolah/Kepala Dinas Pendidikan
A.
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang
sangat penting dalam mencapai visi pendidikan yaitu menciptakan
insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Oleh karena itu,
profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat
sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang
Guru dan Dosen.
Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, tidak cukup bila guru hanya
melakukan tugasnya mengajar, membimbing dan mendidik para siswanya, melainkan
harus selalu mengembangkan profesinya tersebut. Pengembangan terhadap profesi
guru tersebut hendaklah dilaksanakan secara terprogram dan berkelanjutan,
melalui kegiatan Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang merupakan
salah satu kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan terbentuknya
guru yang profesional. Salah satu jenis kegiatan PKB adalah
Pengembangan Diri.
Kegiatan Pengembangan Diri tersebut dapat dilakukan melalui dua jenis
kegiatan, yaitu: (1) Mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat)
fungsional dan/atau (2) Mengikuti kegiatan kolektif guru. Menyadari akan kebutuhan
peningkatan profesionalisme, penulis mengikuti kegiatan pengembangan diri, dan
untuk keperluan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan tersebut, maka dituliskan
dalam bentuk laporan kegiatan ini.
2. Tujuan Umum
Tujuan dari kegiatan pengembangan diri adalah untuk meningkatkan kompetensi
penulis sebagai guru, baik kompetensi pedagogik, kompetensi profesional,
kompetensi managerial maupun kompetensi sosial.
B.
PENGEMBANGAN DIRI (1 )
1.
Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara
Kegiatan
Diselenggarakan
pada tanggal 18 s.d
21 April 2013 (alokasi waktu penyelenggaran selama 40 jam efektif). Jadwal dan Uraian
Materi Terlampir.
Penyelenggara
Kegiatan adalah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan
FPMIPA Universitas Negeri Semarang (UNNES) .
2.
Jenis Kegiatan
Jenis
kegiatan ini adalah Diklat Fungsional, yaitu Fasilitasi
Peningkatan Kompetensi Pengelola Laboratorium Fisika SMA/SMK tingkat provinsi
Jawa Tengah.
3.
Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan
Pengembangan Diri agar guru Pengelola Laboratorium Fisika mampu dan terampil
dalam hal:
a.
Pemanfaatan laboratorium untuk pembelajaran.
b.
Merancang kegiatan Pengembangan laboratorium Fisika.
c.
Membagi Tugas Teknisi dan Laboran di Laboratorium Fisika.
d.
Menerapkan Gagasan, Teori, dan Prinsip Kegiatan laboratorium Fisika.
e.
Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium
f.
Pengembangan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Pengelola Laboratorium.
g.
Praktek menggunakan bahan dan alat Laboratorim Fisika.
4.
Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi
pengelola Laboratorium Fisika dalam
bentuk CD dan praktek langsung tentang topik sbb.
a.
Pemanfaatan laboratorium untuk pembelajaran.
b.
Merancang kegiatan Pengembangan laboratorium Fisika.
c.
Membagi Tugas Teknisi dan Laboran di Laboratorium Fisika.
d.
Menerapkan Gagasan, Teori, dan Prinsip Kegiatan laboratorium Fisika.
e.
Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium
f.
Pengembangan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Pengelola Laboratorium.
g.
Praktek menggunakan bahan dan alat Laboratorim Fisika.
5.
Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan
ini adalah penulis menjalankan tugas sebagai Kepala Laboratorium Fisika
lebih terarah langkah-langkahnya terkait dengan sumber daya yang tersedia yaitu
laboran dan sesama rekan sejawat yaitu guru-guru fisika yang lain dapat
memiliki pedoman bersama dan kesamaan pendapat akan pentingnya laboratorium
Fisika untuk pembelajaran Fisika .
6. Dampak
Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil
kegiatan ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan berbasis laboratorium Fisika
membuat siswa lebih senang, lebih aktif, lebih serius dan lebih
antusias.
b.
Siswa menjadi lebih mudah paham konsep Fisika
C.
PENGEMBANGAN DIRI (2 )
1.
Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara
Kegiatan
Diselenggarakan
pada tanggal 16 s.d
19 November 2013 (lama waktu penyelenggaran selama 31 jam efektif). Jadwal dan Uraian
Materi Terlampir.
Penyelenggara
Kegiatan adalah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.
2.
Jenis Kegiatan
Jenis
kegiatan ini adalah Diklat Fungsional, yaitu Simposium Model
Pembelajaran Berbahasa Inggris Guru SMA/SMK tingkat provinsi Jawa Tengah.
3.
Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan
Pengembangan Diri agar guru terampil mengajar dengan penyampaian selain
menggunakan bahasa Indonesia juga menggunakan bahasa Inggris.
4.
Uraian Materi Pengembangan Diri
Pentingnya
penguasaan keterampilan mengajar dengan menggunakan bahasa Inggris di era
globalisasi seperti MEA dan APEC bagi guru SMA/SMK terutama mata pelajaran
rumpun sains di Jawa Tengah. Guru diharapkan bisa membuat Rencana Pembelajaran
bilingual dan mampu mengimplementasikannya di dalam proses KBM.
5.
Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan
ini adalah sebagai berikut : penulis melakukan diseminasi kepada
guru se MGMP di sekolah, dan mengimplementasikan hasil kegiatan ke dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
6. Dampak
Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil
kegiatan ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.
Kegiatan pembelajaran di kelas
menjadi lebih aktif, lebih serius dan lebih antusias.
b.
Siswa menjadi lebih berminat dan lebih disiplin serta bersikap
dan berperilaku lebih baik.
D.
PENGEMBANGAN DIRI (3 )
1.
Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara
Kegiatan
Diselenggarakan
pada tanggal 25 Juni s.d
24 Juli 2015 (alokasi waktu penyelenggaran selama 90 jam efektif)..
Penyelenggara
Kegiatan adalah Quipper Scholl .
2.
Jenis Kegiatan
Jenis
kegiatan ini adalah Diklat Fungsional, yaitu Online Training
for Ambassador Program 2015. Khususnya dalam Physics Training
3.
Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan
Pengembangan Diri agar guru Fisika mampu dan Terampil menggunakan Pembelajaran
Online dan menyiapkan materi dan soal secara online sekaligus mengevaluasinya
secara online.
4.
Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi
Physics Training Online untuk para Ambasador terakumulasi di alamat web www.quipper.school.
5.
Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan
ini adalah penulis menjalankan kombinasi pembelajaran online dari quipper
school baik dalam proses KBM di kelas maupun interaksi dengan siswa di luar
kelas di luar jam-jam KBM.
6. Dampak
Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil
kegiatan ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan berbasis pembelajaran online
membuat siswa lebih nyaman tidak terkungkung oleh jam belajar di sekolah
namun dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.
b.
Siswa menjadi lebih akrab dengan konsep Fisika karena mereka
sehari-hari sudah pegang gadget yang mudah dipakai mengakses materi/konsep
maupun soal Fisika.
E.
PENGEMBANGAN DIRI (4 )
1.
Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara
Kegiatan
Diselenggarakan
pada tanggal 7, 14, dan 18 November 2015 (alokasi waktu
penyelenggaran selama 32 jam efektif). Jadwal dan Uraian Materi Terlampir.
Penyelenggara
Kegiatan adalah PGRI Kota Semarang bekerja sama dengan FIS Universitas Negeri
Semarang (UNNES) .
2.
Jenis Kegiatan
Jenis
kegiatan ini adalah Diklat Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Penguatan
Karya Ilmiah.
3.
Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan
Pengembangan Diri agar guru mampu dan terampil dalam hal menulis Karya Ilmiah
agar profesionalitas guru meningkat.
4.
Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi
dalam bentuk file tentang macam-macam karya ilmiah untuk pengembangan diri dan
pengembangan profesi guru.
5.
Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan
ini adalah penulis dapat lebih produktif menulis karya ilmiah untuk
menunjang tugas-tugas fungsional guru .
6. Dampak
Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil
kegiatan ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.
Dapat mengajak teman guru sejawat untuk termotivasi dalam menulis karya
ilmiah.
b.
Termotivasi untuk lebih banyak melakukan penelitian terutama action
research di kelas.
F.
PENGEMBANGAN DIRI (5 )
1.
Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara
Kegiatan
Diselenggarakan
pada tanggal 18 Juni 2013 (alokasi waktu penyelenggaran selama 8 jam efektif).
Penyelenggara
Kegiatan adalah Program CSR - FIF Group Peduli Pendidikan 2013.
2.
Jenis Kegiatan
Jenis
kegiatan ini adalah Kegiatan Kolektif Guru, yaitu WORKSHOP PAKEM
Pembelajaran Aktif,
Kreatif,
Efektif,
Menantang,
dan Menyenangkan untuk Guru SMK.
3.
Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan
Pengembangan Diri agar guru mampu dan terampil dalam hal mengembangkan
Pembelajaran Aktif,
Kreatif,
Efektif,
Menantang,
dan Menyenangkan.
4.
Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi
tentang Pembelajaran Aktif, Kreatif,
Efektif,
Menantang,
dan Menyenangkan untuk KBM di kelas.
5.
Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan
ini adalah penulis dapat lebih mempraktekkan Pembelajaran
Aktif,
Kreatif,
Efektif,
Menantang,
dan Menyenangkan .
6. Dampak
Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan ini
dampaknya adalah siswa lebih Aktif, Kreatif,
Efektif,
Menantang,
dan Menyenangkan dalam mengikuti pelajaran di kelas.
G.
PENGEMBANGAN DIRI (6 )
1.
Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan
pada tanggal 16 Juni 2015 (alokasi waktu penyelenggaran selama 8 jam efektif).
Penyelenggara
Kegiatan adalah SMA Negeri 14 Semarang.
2.
Jenis Kegiatan
Jenis
kegiatan ini adalah Kegiatan Kolektif Guru, yaitu Workshop
Penyempurnaan KTSP dan Peningkatan Profesi Guru Melalui PKB.
3.
Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan
Pengembangan Diri agar guru mampu dalam Penyempurnaan KTSP dan Peningkatan
Profesi melalui PKB.
4.
Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi
dalam bentuk file tentang macam-macam karya ilmiah untuk pengembangan diri dan
pengembangan profesi guru.
5.
Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan
ini adalah penulis dapat lebih meningkatkan keprofesian guru untuk
menunjang tugas-tugas fungsional guru .
6. Dampak
Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil
kegiatan ini dampaknya adalah dapat lebih meningkatkan keprofesian
guru untuk menunjang tugas-tugas fungsional guru
H.
PENGEMBANGAN DIRI (7 )
1.
Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara
Kegiatan
Diselenggarakan
pada tanggal 21 November 2015 (alokasi waktu penyelenggaran selama 8 jam
efektif)..
Penyelenggara
Kegiatan adalah PGRI Kota Semarang.
2.
Jenis Kegiatan
Jenis
kegiatan ini adalah Kegiatan Kolektif Guru, yaitu Seminar
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan desiminasi Karya Ilmiah. Penulis berperan
sebagai pemakalah.
3.
Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan
Pengembangan Diri agar guru mampu mengembangkan keprofesian berkelanjutan
terutama mengembangkan kemampuan menulis Karya Ilmiah agar profesionalitas guru
meningkat.
4.
Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi
dalam bentuk laporan dan slide file tentang PTK meningkatkan hasil belajar
siswa dalam pemantulan cermin datar melalui alat praktek Pintu Cermin.
5.
Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan
ini adalah penulis dapat lebih produktif menulis karya ilmiah dan terpacu
mengikuti seminar sebagai pemakalah untuk meningkatkan tugas fungsional guru .
6. Dampak
Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil
kegiatan ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.
Dapat mengajak teman guru sejawat untuk termotivasi dalam mengikuti seminar
penulisan karya ilmiah guru.
b.
Termotivasi untuk lebih banyak berperan sebagai pemakalah pada seminar pendidikan.
I.
PENUTUP
Penyelenggaraan
kegiatan Pengembangan Diri pada umumnya sangat membantu dalam
melakukan peningkatan keprofesian guru. Hal itu dapat berpengaruh dalam cara
guru mengajar melakukan KBM di kelas. Hal senada akan berdampak positif kepada
para siswa untuk meningkatkan keterampilan, karakter, dan prestasinya. Penulis
berharap supaya kegiatan Pengembangan Diri lebih banyak diprogramkan dan
diadakan secara rutin agar para guru dapat meningkatkan kompetensi-kompetensinya
nya
LAMPIRAN-LAMPIRAN
§ Rekapitulasi Kegiatan Pengembangan
Diri
No
|
Nama Kegiatan
|
Materi PD/ Kompetensi
|
Peran Guru
|
Waktu/ Jam PD
|
Nama Fasilitator
|
Tempat Kegiatan
|
Institusi Penyelenggara
|
1
|
Fasilitasi
Peningkatan Kompetensi Pengelola Laboratorium Fisika SMA/SMK tingkat provinsi
Jawa Tengah.
|
Terlampir
|
Peserta
|
40 jam
|
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
|
LPMP Jawa Tengah
|
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah &
UNNES
|
2
|
Simposium Model Pembelajaran Berbahasa
Inggris Guru SMA/SMK tingkat provinsi Jawa Tengah
|
Terlampir
|
Peserta
|
31 jam
|
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
|
LPMP Jawa Tengah
|
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
|
3
|
Online
Training for Ambassador Program 2015. Physics Training
|
Terlampir
|
Peserta
|
90 jam
|
Quipper School LTD
|
Via Internet
|
Quipper School LTD
|
4
|
Diklat Peningkatan Profesionalitas Guru
Melalui Penguatan Karya Ilmiah
|
Terlampir
|
Peserta
|
32 jam
|
PGRI Kota Semarang
|
UNNES
|
UNNES & PGRI Kota Semarang
|
5
|
WORKSHOP
PAKEM Pembelajaran Aktif,
Kreatif, Efektif, Menantang, dan Menyenangkan untuk Guru SMK
|
Terlampir
|
Peserta
|
8 jam
|
FIF Group
|
Hotel Pandanaran
|
Program SCR – FIF Group Peduli Pendidikan
|
6
|
Workshop Penyempurnaan KTSP dan
Peningkatan Profesi Guru Melalui PKB.
|
Terlampir
|
Peserta
|
8 jam
|
Dinas Pendidikan Kota Smg
|
SMAN 14 Semarang
|
SMAN 14 Semarang & Dinas Pendidikan Kota Smg
|
7
|
Seminar Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB) dan desiminasi Karya Ilmiah
|
Terlampir
|
Pemakalah
|
8 jam
|
PGRI Kota Semarang
|
Gedung PGRI & SMAN 2 Smg
|
PGRI Kota Semarang
|
§ Fotokopi Sertifikat/Surat
Keterangan (Terlampir)
§ Fotokopi Surat Penugasan
(Terlampir)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar