Sabtu, 20 Februari 2016

LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI



LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI














Drs. PRISTIADI UTOMO, M.Pd
NIP. 196609031994121003
SMK NEGERI 11 SEMARANG






















SMK NEGERI 11 SEMARANG
Jl CEMARA RAYA BANYUMANIK SEMARANG
2015



IDENTITAS GURU



1.      Nama Sekolah
:
SMK Negeri 11 Semarang
2.      Nama Guru
:
Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd
3.      NIP
:
196609031994121003
4.      Jabatan/Golongan Guru
:
Guru Madya / IV a
5.      Alamat Sekolah 
§  Jalan
§  Kota
§  Provinsi 
§  Telpon/Fax 

:
:
:
:

Jl Cemara Raya Banyumanik
Semarang
Jawa Tengah
024 7472008
6.      Mengajar Mata Pelajaran
:   
Fisika
7.      SK Pengangkatan


a.     Sebagai CPNS
§  Pejabat yang mengangkat
§  Nomor SK
§  Tanggal SK
b.     Pangkat Terakhir
§  Pejabat yang mengangkat
§  Nomor SK
§  Tanggal SK

:
:
:

:
:
:

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
73786/A2/C/1994
19 November 1994

Gubernur Jawa Tengah
823.4/08958
31 Oktober 2008
8.      Alamat Rumah
§  Jalan
§  Kabupaten
§  Provinsi
§  Telpon/ HP

:
:
:
:









Pondok Majapahit I/W-9 Mranggen
Demak
Jawa tengah
024 6722607 / 08157610939



LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI








Oleh:
Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd
NIP. 196609031994121003






Semarang, 31 Desember 2015
           
Kepala Sekolah,                                                                       Koordinator PKB,




Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd                                                Ir. Diwyacitta Prasasti, M.Si
NIP. 196212191993031007                                                  NIP. 196412021993032004









KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis haturkan ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia yang dilimpahkan kepada penulis sehingga Laporan Pengembangan Diri ini dapat diselesaikan sebagaimana mestinya.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini dapat diselesaikan berkat adanya bantuan, bimbingan, dorongan dan petunjuk dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar – besarnya kepada:
1.   Bapak Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd selaku Kepala SMKN 11 Semarang yang telah memberikan tugas kepada penulis untuk mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri yang telah penulis laksanakan.
2.   Teman-teman seprofesi yang telah memberikan bantuan semangat dan  motivasi untuk bisa diselesaikannya penulisan laporan ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan, oleh karena itu, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Meski demikian, penulis tetap berharap agar kiranya laporan ini dapat digunakan untuk keperluan yang semestinya.
                                                                                                                                                                                                                                                       

                                                                                       Semarang,  31 Desember 2015
                                                                                                            Penulis



DAFTAR   ISI
Halaman

LEMBAR SAMPUL ………………………………………………………………        i
LEMBAR IDENTITAS ……………………………………………………………       ii
LEMBAR PENGESAHAN …………………………………………………………     iii
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………          iv
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………         v
A.    PENDAHULUAN ………………………………………………………………       1
1.      Latar Belakang ……………………………………………………………           1
2.      Tujuan Umum ……………………………………………………………            1
B.     PENGEMBANGAN DIRI (1)
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan ……………………………     2
2.      Jenis Kegiatan ……………………………………………………………            2
3.      Tujuan PD ……………………………………………………………                  2
4.      Uraian Materi PD ……………………………………………………………       2
5.      Tindak Lanjut ……………………………………………………………             2
6.      Dampak PD ……………………………………………………………                3
C.     PENGEMBANGAN DIRI (2)
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan ……………………………     4
2.      Jenis Kegiatan ……………………………………………………………           4
3.      Tujuan PD ……………………………………………………………                 4
4.      Uraian Materi PD ……………………………………………………………      4
5.      Tindak Lanjut ……………………………………………………………            4
6.      Dampak PD ……………………………………………………………               4
D.    PENGEMBANGAN DIRI (3)
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan ……………………………    5
2.      Jenis Kegiatan ……………………………………………………………           5
3.      Tujuan PD ……………………………………………………………                 5
4.      Uraian Materi PD ……………………………………………………………      5
5.      Tindak Lanjut ……………………………………………………………            5
6.      Dampak PD ……………………………………………………………               5
E.     PENGEMBANGAN DIRI (4)
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan ……………………………    6
2.      Jenis Kegiatan ……………………………………………………………           6
3.      Tujuan PD ……………………………………………………………                 6
4.      Uraian Materi PD ……………………………………………………………      6
5.      Tindak Lanjut ……………………………………………………………            6
6.      Dampak PD ……………………………………………………………               6
F.      PENGEMBANGAN DIRI (5)
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan……………………………     7
2.      Jenis Kegiatan ……………………………………………………………           7
3.      Tujuan PD ……………………………………………………………                 7
4.      Uraian Materi PD ……………………………………………………………      7
5.      Tindak Lanjut ……………………………………………………………          7
6.      Dampak PD ……………………………………………………………             7
G.    PENGEMBANGAN DIRI (6)
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan ……………………………   8
2.      Jenis Kegiatan ……………………………………………………………          8
3.      Tujuan PD ……………………………………………………………                8
4.      Uraian Materi PD ……………………………………………………………     8
5.      Tindak Lanjut ……………………………………………………………           8
6.      Dampak PD ……………………………………………………………              8
H.    PENGEMBANGAN DIRI (7)  
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan ……………………………    9
2.      Jenis Kegiatan ……………………………………………………………           9
3.      Tujuan PD ……………………………………………………………                 9
4.      Uraian Materi PD ……………………………………………………………      9
5.      Tindak Lanjut ……………………………………………………………            9
6.      Dampak PD ……………………………………………………………               9
I.        PENUTUP ……………………………………………………………………         10
LAMPIRAN-LAMPIRAN
·         Format Rekapitulasi Kegiatan Pengembangan Diri
·         Foto Copy Sertifikat/Surat Keterangan
·         Foto Copy Surat Penugasan Kepala Sekolah/Kepala Dinas Pendidikan



A.    PENDAHULUAN


1.      Latar Belakang

Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi  pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif.   Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, tidak cukup bila guru hanya melakukan tugasnya mengajar, membimbing dan mendidik para siswanya, melainkan harus selalu mengembangkan profesinya tersebut. Pengembangan terhadap profesi guru tersebut hendaklah dilaksanakan secara terprogram dan berkelanjutan, melalui kegiatan Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk  mewujudkan terbentuknya guru yang profesional.  Salah satu jenis kegiatan PKB adalah Pengembangan Diri.
Kegiatan Pengembangan Diri tersebut dapat dilakukan melalui dua jenis kegiatan, yaitu: (1) Mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional dan/atau (2) Mengikuti kegiatan kolektif guru. Menyadari akan kebutuhan peningkatan profesionalisme, penulis mengikuti kegiatan pengembangan diri, dan untuk keperluan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan tersebut, maka dituliskan dalam bentuk laporan kegiatan ini.


2.      Tujuan Umum

Tujuan dari kegiatan pengembangan diri adalah untuk meningkatkan kompetensi penulis sebagai guru, baik kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi managerial maupun kompetensi sosial.


B.     PENGEMBANGAN DIRI  (1 )

1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan pada tanggal 18 s.d 21 April 2013 (alokasi waktu penyelenggaran selama 40 jam efektif). Jadwal dan Uraian Materi Terlampir.
Penyelenggara Kegiatan adalah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan FPMIPA Universitas Negeri Semarang (UNNES) .

2.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini adalah Diklat Fungsional, yaitu Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Pengelola Laboratorium Fisika SMA/SMK tingkat provinsi Jawa Tengah.

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri agar guru Pengelola Laboratorium Fisika mampu dan terampil dalam hal:
a.       Pemanfaatan laboratorium untuk pembelajaran.
b.      Merancang kegiatan Pengembangan laboratorium Fisika.
c.       Membagi Tugas Teknisi dan Laboran di Laboratorium Fisika.
d.      Menerapkan Gagasan, Teori, dan Prinsip Kegiatan laboratorium Fisika. 
e.       Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium
f.       Pengembangan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Pengelola Laboratorium.
g.      Praktek menggunakan bahan dan alat Laboratorim Fisika.

4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi pengelola Laboratorium Fisika  dalam bentuk CD dan praktek langsung tentang topik sbb.
a.       Pemanfaatan laboratorium untuk pembelajaran.
b.      Merancang kegiatan Pengembangan laboratorium Fisika.
c.       Membagi Tugas Teknisi dan Laboran di Laboratorium Fisika.
d.      Menerapkan Gagasan, Teori, dan Prinsip Kegiatan laboratorium Fisika. 
e.       Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium
f.       Pengembangan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Pengelola Laboratorium.
g.      Praktek menggunakan bahan dan alat Laboratorim Fisika.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini adalah penulis menjalankan tugas sebagai Kepala Laboratorium Fisika lebih terarah langkah-langkahnya terkait dengan sumber daya yang tersedia yaitu laboran dan sesama rekan sejawat yaitu guru-guru fisika yang lain dapat memiliki pedoman bersama dan kesamaan pendapat akan pentingnya laboratorium Fisika untuk pembelajaran Fisika .

6.    Dampak Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.       Kegiatan pembelajaran yang dilakukan berbasis laboratorium Fisika membuat siswa lebih senang, lebih aktif, lebih serius dan lebih antusias. 
b.      Siswa menjadi lebih mudah paham konsep Fisika
 

C.    PENGEMBANGAN DIRI  (2 )

1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan pada tanggal 16 s.d 19 November 2013 (lama waktu penyelenggaran selama 31 jam efektif). Jadwal dan Uraian Materi Terlampir.
Penyelenggara Kegiatan adalah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

2.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini adalah Diklat Fungsional, yaitu Simposium Model Pembelajaran Berbahasa Inggris Guru SMA/SMK tingkat provinsi Jawa Tengah.

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri agar guru terampil mengajar dengan penyampaian selain menggunakan bahasa Indonesia juga menggunakan bahasa Inggris.

4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Pentingnya penguasaan keterampilan mengajar dengan menggunakan bahasa Inggris di era globalisasi seperti MEA dan APEC bagi guru SMA/SMK terutama mata pelajaran rumpun sains di Jawa Tengah. Guru diharapkan bisa membuat Rencana Pembelajaran bilingual dan mampu mengimplementasikannya di dalam proses KBM.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini adalah sebagai berikut : penulis melakukan diseminasi kepada guru se MGMP di sekolah, dan mengimplementasikan hasil kegiatan  ke dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

6.    Dampak Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.       Kegiatan pembelajaran di kelas  menjadi lebih aktif, lebih serius dan lebih antusias. 
b.      Siswa menjadi lebih berminat dan lebih disiplin serta bersikap dan berperilaku lebih baik. 



D.    PENGEMBANGAN DIRI  (3 )

1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan pada tanggal 25 Juni s.d 24 Juli 2015 (alokasi waktu penyelenggaran selama 90 jam efektif)..
Penyelenggara Kegiatan adalah Quipper Scholl .

2.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini adalah Diklat Fungsional, yaitu Online Training for Ambassador Program 2015. Khususnya dalam Physics Training

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri agar guru Fisika mampu dan Terampil menggunakan Pembelajaran Online dan menyiapkan materi dan soal secara online sekaligus mengevaluasinya secara online.

4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi Physics Training Online untuk para Ambasador terakumulasi di alamat web www.quipper.school.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini adalah penulis menjalankan kombinasi pembelajaran online dari quipper school baik dalam proses KBM di kelas maupun interaksi dengan siswa di luar kelas di luar jam-jam KBM.

6.    Dampak Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.       Kegiatan pembelajaran yang dilakukan berbasis pembelajaran online membuat siswa lebih nyaman tidak terkungkung oleh jam belajar di sekolah namun dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. 
b.      Siswa menjadi lebih akrab dengan konsep Fisika karena mereka sehari-hari sudah pegang gadget yang mudah dipakai mengakses materi/konsep maupun soal Fisika.




E.     PENGEMBANGAN DIRI  (4 )

1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan pada tanggal 7, 14, dan 18 November 2015 (alokasi waktu penyelenggaran selama 32 jam efektif). Jadwal dan Uraian Materi Terlampir.
Penyelenggara Kegiatan adalah PGRI Kota Semarang bekerja sama dengan FIS Universitas Negeri Semarang (UNNES) .

2.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini adalah Diklat Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Penguatan Karya Ilmiah.

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri agar guru mampu dan terampil dalam hal menulis Karya Ilmiah agar profesionalitas guru meningkat.

4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi dalam bentuk file tentang macam-macam karya ilmiah untuk pengembangan diri dan pengembangan profesi guru.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini adalah penulis dapat lebih produktif menulis karya ilmiah untuk menunjang tugas-tugas fungsional guru .

6.    Dampak Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.       Dapat mengajak teman guru sejawat untuk termotivasi dalam menulis karya ilmiah. 
b.      Termotivasi untuk lebih banyak melakukan penelitian terutama action research di kelas.



F.     PENGEMBANGAN DIRI  (5 )

1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan pada tanggal 18 Juni 2013 (alokasi waktu penyelenggaran selama 8 jam efektif).
Penyelenggara Kegiatan adalah Program CSR - FIF Group Peduli Pendidikan 2013.

2.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini adalah Kegiatan Kolektif Guru, yaitu WORKSHOP PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menantang, dan Menyenangkan untuk Guru SMK.

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri agar guru mampu dan terampil dalam hal mengembangkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menantang, dan Menyenangkan.

4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi tentang Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menantang, dan Menyenangkan untuk KBM di kelas.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini adalah penulis dapat lebih mempraktekkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menantang, dan Menyenangkan .

6.    Dampak Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya adalah siswa lebih  Aktif, Kreatif, Efektif, Menantang, dan Menyenangkan dalam mengikuti pelajaran di kelas.



G.    PENGEMBANGAN DIRI  (6 )

1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan pada tanggal 16 Juni 2015 (alokasi waktu penyelenggaran selama 8 jam efektif).
Penyelenggara Kegiatan adalah SMA Negeri 14 Semarang.

2.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini adalah Kegiatan Kolektif Guru, yaitu Workshop Penyempurnaan KTSP dan Peningkatan Profesi Guru Melalui PKB.

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri agar guru mampu dalam Penyempurnaan KTSP dan Peningkatan Profesi melalui PKB.

4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi dalam bentuk file tentang macam-macam karya ilmiah untuk pengembangan diri dan pengembangan profesi guru.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini adalah penulis dapat lebih meningkatkan keprofesian guru untuk menunjang tugas-tugas fungsional guru .

6.    Dampak Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya adalah dapat lebih meningkatkan keprofesian guru untuk menunjang tugas-tugas fungsional guru 


H.    PENGEMBANGAN DIRI  (7 )

1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan pada tanggal 21 November 2015 (alokasi waktu penyelenggaran selama 8 jam efektif)..
Penyelenggara Kegiatan adalah PGRI Kota Semarang.

2.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini adalah Kegiatan Kolektif Guru, yaitu Seminar Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan desiminasi Karya Ilmiah. Penulis berperan sebagai pemakalah.

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri agar guru mampu mengembangkan keprofesian berkelanjutan terutama mengembangkan kemampuan menulis Karya Ilmiah agar profesionalitas guru meningkat.

4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi dalam bentuk laporan dan slide file tentang PTK meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemantulan cermin datar melalui alat praktek Pintu Cermin.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini adalah penulis dapat lebih produktif menulis karya ilmiah dan terpacu mengikuti seminar sebagai pemakalah untuk meningkatkan tugas fungsional guru .

6.    Dampak Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.       Dapat mengajak teman guru sejawat untuk termotivasi dalam mengikuti seminar penulisan karya ilmiah guru. 
b.      Termotivasi untuk lebih banyak berperan sebagai pemakalah pada seminar pendidikan.




I.       PENUTUP

Penyelenggaraan kegiatan Pengembangan Diri pada umumnya sangat membantu dalam melakukan peningkatan keprofesian guru. Hal itu dapat berpengaruh dalam cara guru mengajar melakukan KBM di kelas. Hal senada akan berdampak positif kepada para siswa untuk meningkatkan keterampilan, karakter, dan prestasinya. Penulis berharap supaya kegiatan Pengembangan Diri lebih banyak diprogramkan dan diadakan secara rutin agar para guru   dapat meningkatkan kompetensi-kompetensinya nya




LAMPIRAN-LAMPIRAN



§  Rekapitulasi Kegiatan Pengembangan Diri
No
Nama Kegiatan
Materi PD/ Kompetensi
Peran Guru
Waktu/ Jam PD
Nama Fasilitator
Tempat Kegiatan
Institusi Penyelenggara
1

Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Pengelola Laboratorium Fisika SMA/SMK tingkat provinsi Jawa Tengah.

Terlampir
Peserta
40 jam
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
LPMP Jawa Tengah
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah & UNNES

2
Simposium Model Pembelajaran Berbahasa Inggris Guru SMA/SMK tingkat provinsi Jawa Tengah
Terlampir
Peserta
31 jam
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
LPMP Jawa Tengah
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah

3
Online Training for Ambassador Program 2015. Physics Training
Terlampir
Peserta
90 jam
Quipper School LTD
Via Internet
Quipper School LTD
4

Diklat Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Penguatan Karya Ilmiah
Terlampir
Peserta
32 jam
PGRI Kota Semarang
UNNES
UNNES & PGRI Kota Semarang
5

WORKSHOP PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menantang, dan Menyenangkan untuk Guru SMK
Terlampir
Peserta
8 jam
FIF Group
Hotel Pandanaran
Program SCR – FIF Group Peduli Pendidikan
6
Workshop Penyempurnaan KTSP dan Peningkatan Profesi Guru Melalui PKB.
Terlampir
Peserta
8 jam
Dinas Pendidikan Kota Smg
SMAN 14 Semarang
SMAN 14 Semarang & Dinas Pendidikan Kota Smg
7
Seminar Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan desiminasi Karya Ilmiah
Terlampir
Pemakalah
8 jam
PGRI Kota Semarang
Gedung PGRI & SMAN 2 Smg
PGRI Kota Semarang

§  Fotokopi Sertifikat/Surat Keterangan (Terlampir)
§  Fotokopi Surat Penugasan (Terlampir)

Tidak ada komentar:

Go to Scribd

Go to Facebook

Belajar Fisika

Materi fisika SMA/MA/SMK sebenarnya merupakan pendalaman dan perluasan materi fisika SMP dengan analisa yang lebih mendalam. Belajar fisika tetap memerlukan matematika. Matematika hanyalah sebagai alat bantu. Ibarat fisika adalah seorang penari balet yang menari di alam semesta sepanjang jagad makro sampai jagad mikro, maka matematika adalah pakaian yag dikenakan penari itu. Oleh karena itu langkah awal adalah menguasai konsep dasar fisika. Konsep-konsep fisika tersusun sederhana yang mana satu sama lain konsep membentuk jalinan yang utuh sehingga mampu menjelaskan setiap fenomena alam. Dengan konsep dasar yang baik, persoalan matematika tidak menjadi halangan bagi siswa untuk mengetahui dan memahami materi fisika.

Di tingkat SMA/MA/SMK dimana tingkat perkembangan mental siswa masih berada pada fase transisi dari konkrit ke formal, pembelajaran sains akan memudahkan siswa bila dikemas dalam berbagai metode pembelajaran seperti demonstrasi, percobaan, problem solving, proyek dan berbagai pengalaman ‘berbuat langsung’ siswa dalam belajar sehingga mampu merumuskan konsep secara induksi berdasar fakta-fakta empiris di lapangan. Para guru dan pembimbing diharapkan pandai-pandai mengemas proses transfering konsep-konsep fisika ke dalam tujuan itu.

Para guru diharapkan dapat memastikan percobaan-percobaan dan latihan-latihan dapat dilaksanakan atau dikerjakan oleh siswa. Blok ini semoga membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi para siswa dan guru-guru sains pada umumnya dan guru Fisika pada khususnya.

aku belajar dari matahari bagaimana untuk menyentuhmu dengan cahaya itu
aku belajar dari bintang-bintang bagaimana membahagiakanmu dalam gelap itu
aku belajar dari hujan bagaimana menyejukkan jiwamu dengan suara dan rintih itu
aku belajar dari awan bagaimana meneduhkan dengan redup dan senyap itu
aku belajar dari angin bagaimana mendatangimu dengan nyaman dan sunyi itu
aku belajar dari cinta bagaimana menyayangimu dengan jiwa dan ragaku

Pristiadi Utomo

Penulis buku Fisika Interaktif ini lahir di Rembang kota pesisir utara bagian paling timur di Propinsi Jawa Tengah. Pada tahun 1979 dia menyelesaikan sekolah dasar di SD Negeri Kutoharjo III Rembang. Pada saat itu dia terpilih sebagai pelajar teladan tingkat kabupaten, dan mewakili Kabupaten Rembang mengikuti seleksi pelajar teladan SD se-propinsi Jawa Tengah tahun 1978 di Semarang. Kemudian dia melanjutkan pendidikan di SMP Negeri II Rembang lulus pada tahun 1982. Juara III diperoleh pada saat pengumuman kelulusan SMP. Tingkat SMA ditempuh di SMA Negeri II Rembang masuk jurusan IPA dan lulus tahun 1985. Sejak kelas I sampai kelas III SMA dia menjadi tim inti cerdas cermat sekolah materi P4 dan langganan juara I, hingga selalu mewakili Kabupaten Rembang sampai tingkat karesidenan Pati. Di SMA aktif dalam OSIS di seksi ilmiah, mengampu majalah dinding sekolah. Dia diterima di PMDK IPB jurusan Teknologi Alat Pertanian dan lolos Sipenmaru di IKIP Negeri Semarang jurusan Fisika. Akhirnya dia memilih menekuni Pendidikan Fisika hingga lulus tahun 1990. Semenjak mahasiswa tingkat II dia sudah aktif mengajar Fisika di SMA dan SMP swasta di Kota Semarang, serta aktif menjadi tentor Fisika di Bimbingan Belajar Primagama. Begitu lulus dia diterima menjadi guru tetap Fisika di SMA Karangturi Semarang sampai tahun 1995. Kemudian meniti karir sebagai PNS di SMA Negeri 1 Kabupaten Purbalingga hingga tahun 2005. Pada tahun 2002 mengadakan penelitian kependidikan tingkat Kabupaten Purbalingga. Pada tahun 2004 meraih juara I pengelola Perpustakaan tingkat nasional di Jakarta. Awal tahun 2006 dia berpindah tugas di Kota Semarang sebagai guru FIsika di SMK Negeri 11 Semarang, serta menjadi pengasuh tetap Majalah Sekolah Gradasi pada rubrik Fast Solution. Dia menyelesaikan pasca sarjana (S2) di jurusan Fisika UNNES Semarang pada tahun 2007. Pada tahun itu pula buku Fisika Interaktif yang ditulisnya lolos seleksi Pusat Perbukuan dan diterbitkan oleh Penerbit Ganeca Exact – Azka Press, Jakarta.

Materi Fisika

Materi Fisika
Dapat download materi pelajaran fisika untuk SMP - SMK - SMA / MA karya Pristiadi Utomo. Klik aja foto berjenggot ini...

Aturan Angka Penting

a. Semua angka bukan nol adalah angka penting

Contoh: 141,5 m memiliki 4 angka penting

27,3 gr memiliki 3 angka penting

b. Semua angka nol yang terletak di antara angka-angka bukan nol termasuk angka penting.

Contoh: 340,41 kg memiliki 5 angka penting

5,007 m memiliki 4 angka penting

c. Semua angka nol di sebelah kanan angka bukan nol tanpa desimal tidak termasuk angka penting, kecuali diberi tanda khusus garis mendatar atas atau bawah termasuk angka penting

Contoh: 53000 kg memiliki 2 angka penting

530000 kg memiliki 5 angka penting

d. Semua angka nol di sebelah kiri angka bukan nol tidak termasuk angka penting.

Contoh: 0,00053 kg memiliki 2 angka penting

0,000703 kg memiliki 3 angka penting

e. Semua angka nol di belakang angka bukan nol yang terakhir tetapi dibelakang tanda desimal adalah angka penting.

Contoh: 7,0500 m memiliki 5 angka penting

70,500 m memiliki 5 angka penting

f. Untuk penulisan notasi ilmiah. Misalnya 2,5 x 103 , dimana 103 disebut orde. Sedangkan 2,5 merupakan mantis. Jumlah angka penting dilihat dari mantisnya dalam hal ini memiliki 2 angka penting.

Contoh lain 2,34 x 102 memiliki3 angka penting

Pembulatan Bilangan Penting.

Bilangan dibulatkan sampai mengandung sejumlah angka penting yang diinginkan dengan menghilangkan satu atau lebih angka di sebelah kanan tanda koma desimal.

a Bila angka itu lebih besar daripada 5, maka angka terakhir yang dipertahankan harus dinaikkan 1.

Contoh: 34,46 dibulatkan menjadi 34,5

b. Bila angka itu lebih kecil daripada 5, maka angka terakhir yang dipertahankan tidak berubah.

Contoh: 34,64 dibulatkan menjadi 34,6

c. Bila angka itu tepat 5, maka angka terakhir yang dipertahankan harus dinaikkan 1 jika angka itu tadinya angka ganjil, dan tidak berubah jika angka terakhir yang dipertahankan itu tadinya angka genap.

Contoh: 34,75 dibulatkan menjadi 34,8

34,65 dibulatkan menjadi 34,6

Sekilas Tabiat Mulia Rasulullah

1. Beliau biasanya memaafkan musuh dan para sahabat-sahabatnya yang menyakitinya. Di perang Uhud beliau berdoa untuk kaum kafir yang menyebabkan mulutnya berdarah
“Ya Allah maafkan mereka yang tidak tahu”

2. Beliau sangat penyantun. Beliau biasa memberi minum hewan piaraanya dengan ember dan menunggunya hingga selesai. Beliau membersihkan wajah dan mata kuda tungganganya.

3. Ketika dipanggil, beliau menjawab dengan berkata “labaik” (ya!)
Beliau tidak pernah melangkahi orang lain. Beliau biasa duduk di kedua kakinya. Ketika menunggang hewan dan melihat ada orang yang berjalan, beliau mengajak orang itu menumpang di hewan tunggangannya.

4. Beliau tidak memandang dirinya memiliki kelebihan dibanding lainnya. Ketika sedang berada dalam sebuah perjalanan bersama sahabat-sahabatnya mereka bermaksud memasak seekor kambing. Salah seorang di antara mereka memberikan kambingnya. Ada yang menawarkan diri mengulitinya. Ada yang menawarkan sebagai juru masak. Rasulullah SAW kemudian menawarkan dirinya mencari kayu bakar. Para sahabat
berkata “Ya Rasulullah Anda duduk sajalah. Kami yang akan mencari kayunya.”
Beliau menjawab “ya! saya tahu Anda semua siap melakukannya. Tetapi saya tidak ingin duduk-duduk saja sementara yang lain bekerja. Allah tidak suka kalau ada yang duduk-duduk saja sedang yang lain bekerja. ” Beliau lalu berdiri dan pergi mencari kayu bakar.

5. Ketika beliau mengunjungi sahabat-sahabatnya beliau tidak selalu duduk di bagian depan. Beliau mencari tempat yang kosong. Ketika beliau datang, sahabat-sahabatnya cepat-cepat berdiri. Beliau berujar “janganlah kalian berdiri untuk menghormatiku bersikaplah biasa seperti ketika kalian kedatangan orang lain. Saya seperti orang lain. Saya makan seperti yang lainnya. Sayapun duduk kalau lelah.”

6. Seringkali nabi duduk di kedua lututnya. Beliau juga pernah berdiri menggunakan lututnya ketika memeluk menyambut sahabat-sahabatnya. Beliau tidak pernah membedakan makanan untuknya dan para pembantunya, demikian juga dalam hal berpakaian. Beliau sering membantu pelayannya menyelesaikan pekerjaan. Beliau tidak pernah menyumpahi atau menyakiti orang lain. Anas bin Malik, yang setia melayaninya berkata, “aku menjadi pelayan Rasulullah selama 10 tahun. Beliau membantuku lebih sering dibanding aku membantunya. Beliau tidak pernah memarahiku. Beliau tidak pernah berkata kasar kepadaku.”

7. Beliau suka menambal sendiri pakaiannya yang sobek, memerah susu kambingnya, dan memberi minum hewan piaraannya. Beliau sering membawa barang-barang belanjaan sendiri ke rumahnya. Dalam perjalanan, beliau sering memberi makan hewan tunggangannya. Kadang-kadang beliau melakukannya sendiri dan kadang-kadang dilakukan oleh pelayannya.

8. Ketika beliau dipanggil dengan sebutan pelayan oleh seorang pelayan, sebuah kebiasaan di Madinah, beliau lalu berjalan dengan pelayan itu beriringan.

9. Beliau sering mengunjungi orang yang sakit dan menghadiri pemakamannya. Untuk menggembirakan hati si sakit, beliau mengunjunginya meskipun si sakit kafir atau munafik.

10. Setelah beliau melaksanakan sholat subuh di Masjid, beliau menghampiri para sahabatnya sambil berkata: “Adakah yang sakit? Bila ada mari kita mengunjunginya.” Kemudian beliau juga berkata:”adakah yang meninggal? Bila ada mari kita membantunya.”Kemudian beliau sering juga berkata:”adakah di antara kalian yang bermimpi sesuatu? Bila ada mari kita tafsirkan mimpinya.” Bila ada yang meninggal beliau membantu menyiapkan pemakamnnya dan menyolatkannya serta menghadiri pemakamannya.

11. Ketika beliau tidak melihat sahabat-sahabatnya selama tiga hari beliau akan menanyakannya. Bila sahabatnya itu sedang bepergian beliau mendoakannya, atau bila sahabatnya ada dikotanya beliau akan mengunjunginya.

12. Beliau selalu mendahului menyambut orang lain yang dijumpainya.

13. Beliau suka mengendarai unta, keledai, dan kadang-kadang mengajak orang lain menunggang bersamanya.

14. Beliau suka melayani tamunya dan para sahabatnya dan beliau menyatakan:
“orang yang paling dekat dengan masyaraktnya adalah orang yang selalu melayani orang lain.”

15. Tidak seorang pun pernah menyaksikan beliau tertawa terbahak-bahak. Beliau suka tersenyum kecil. Kadang-kadang gigi depannya tampak ketika beliau tertawa.

16. Beliau selalu tampak hati-hati dan cermat. Beliau suka berbicara pelan-pelan. Beliau biasa memulai pembicaraan dengan senyum.

17. Beliau tidak pernah berbicara yang mubazir atau tanpa keperluan. Bila beliau memerlukan sesuatu beliau akan berbicara dengan singkat dan jelas. Terkadang beliau mengulangi pembicaraan sampai tiga kali agar bisa dipahami.


Kasih Sayang

Suatu ketika, ada seorang wanita karir yang kembali pulang ke rumah, dan ia melihat ada 3 orang pria berjanggut yang duduk di halaman depan. Wanita itu tidak mengenal mereka semua. Wanita itu berkata: "Aku tidak mengenal Anda, tapi aku yakin Anda semua pasti sedang lapar. Mari masuk ke dalam, aku pasti punya sesuatu untuk mengganjal perut". Pria berjanggut itu lalu balik bertanya, "Apakah suamimu sudah pulang?"

Wanita itu menjawab, "Belum, dia sedang keluar". "Oh kalau begitu, kami tak ingin masuk. Kami akan menunggu sampai suami mu kembali", kata pria itu.

Di waktu senja, saat keluarga itu berkumpul, sang isteri menceritakan semua kejadian tadi. Sang suami, awalnya bingung dengan kejadian ini, lalu ia berkata pada istrinya, "Sampaikan pada mereka, aku telah kembali, dan mereka semua boleh masuk untuk menikmati makan malam ini".

Wanita itu kemudian keluar dan mengundang mereka untuk masuk ke dalam. "Maaf, kami semua tak bisa masuk bersama-sama", kata pria itu hampir bersamaan. "Lho, kenapa? tanya wanita itu karena merasa heran. Salah seseorang pria itu berkata, "Nama dia Kekayaan," katanya sambil menunjuk seorang pria berjanggut di sebelahnya, "sedangkan yang ini bernama Kesuksesan, sambil memegang bahu pria berjanggut lainnya. Sedangkan aku sendiri bernama Kasih-sayang. Sekarang, coba tanya kepada suamimu, siapa diantara kami yang boleh masuk ke rumahmu."

Wanita itu kembali masuk ke dalam, dan memberitahu pesan pria di luar. Suaminya pun merasa heran. "Ohho...menyenangkan sekali. Baiklah, kalau begitu, coba kamu ajak si Kekayaan masuk ke dalam. Aku ingin rumah ini penuh dengan Kekayaan." Istrinya tak setuju dengan pilihan itu. Ia bertanya, "sayangku, kenapa kita tak mengundang si Kesuksesan saja? Sebab sepertinya kita perlu dia untuk membantu keberhasilan panen ladang pertanian kita."

Ternyata, anak mereka mendengarkan percakapan itu. Ia pun ikut mengusulkan siapa yang akan masuk ke dalam rumah. "Bukankah lebih baik jika kita mengajak si Kasih-sayang yang masuk ke dalam? Rumah kita ini akan nyaman dan penuh dengan kehangatan Kasih-sayang." Suami-istri itu setuju dengan pilihan buah hati mereka. "Baiklah, ajak masuk si Kasih-sayang ini ke dalam. Dan malam ini, Si Kasih-sayang menjadi teman santap malam kita."

Wanita itu kembali ke luar, dan bertanya kepada 3 pria itu. "Siapa diantara Anda yang bernama Kasih-sayang? Ayo, silahkan masuk, Anda menjadi tamu kita malam ini."

Si Kasih-sayang bangkit, dan berjalan menuju beranda rumah. Ohho..ternyata, kedua pria berjanggut lainnya pun ikut serta. Karena merasa ganjil, wanita itu bertanya kepada si Kekayaan dan si Kesuksesan. "Aku hanya mengundang si Kasih-sayang yang masuk ke dalam, tapi kenapa kamu ikut juga?

Kedua pria yang ditanya itu menjawab bersamaan. "Kalau Anda mengundang si Kekayaan, atau si Kesuksesan, maka yang lainnya akan tinggal di luar. Namun, karena Anda mengundang si Kasih-sayang, maka, kemana pun Kasih-sayang pergi, kami akan ikut selalu bersamanya. Dimana ada Kasih-sayang, maka kekayaan dan Kesuksesan juga akan ikut serta. Sebab, ketahuilah, sebenarnya kami berdua ini buta. Dan hanya si Kasih-sayang yang bisa melihat. Hanya dia yang bisa menunjukkan kita pada jalan kebaikan, kepada jalan yang lurus. Maka, kami butuh bimbingannya saat berjalan. Saat kami menjalani hidup ini."

Mengenai Saya

Foto saya

Lahir di Rembang kota pesisir utara bagian paling timur di Propinsi Jawa Tengah. Pada tahun 1979 menyelesaikan sekolah dasar di SD Negeri Kutoharjo III Rembang. Pada saat itu terpilih sebagai pelajar teladan tingkat kabupaten, dan mewakili Kabupaten Rembang mengikuti seleksi pelajar teladan SD se-propinsi Jawa Tengah tahun 1978 di Semarang. Kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri II Rembang lulus pada tahun 1982. Juara III pada saat pengumuman kelulusan SMP. Tingkat SMA ditempuh di SMA Negeri II Rembang masuk jurusan IPA dan lulus tahun 1985. Sejak kelas I sampai kelas III SMA menjadi tim inti cerdas cermat sekolah materi P4 dan langganan juara I, hingga selalu mewakili Kabupaten Rembang sampai tingkat karesidenan Pati. Di SMA aktif dalam OSIS di seksi ilmiah, mengampu majalah dinding sekolah. Diterima di PMDK IPB jurusan Teknologi Alat Pertanian dan lolos Sipenmaru di IKIP Negeri Semarang jurusan Fisika. Akhirnya memilih menekuni Pendidikan Fisika hingga lulus tahun 1990. Semenjak mahasiswa tingkat II  sudah aktif mengajar Fisika di SMA dan SMP swasta di Kota Semarang, serta aktif menjadi tentor Fisika di Bimbingan Belajar Primagama. Begitu lulus diterima menjadi guru tetap Fisika di SMA Karangturi Semarang sampai tahun 1995. Kemudian meniti karir sebagai PNS di SMA Negeri 1 Kabupaten Purbalingga hingga tahun 2005. Pada tahun 2002 mengadakan penelitian kependidikan tingkat Kabupaten Purbalingga. Pada tahun 2004 meraih juara I pengelola Perpustakaan tingkat nasional di Jakarta. Awal tahun 2006 dia berpindah tugas di Kota Semarang sebagai guru Fisika di SMK Negeri 11 Semarang, serta menjadi pengasuh tetap Fast Solution majalah sekolah Gradasi. Dia menyelesaikan pasca sarjana (S2) di jurusan Fisika UNNES Semarang pada tahun 2007. Pada tahun itu pula buku Fisika Interaktif yang ditulisnya lolos seleksi Pusat Perbukuan dan diterbitkan oleh Penerbit Ganeca Exact – Azka Press, Jakarta. Kemudian menjadi penulis buku teks Fisika pada Penerbit Erlangga. Sementara masih menyelesaikan S3 di UNDIP Semarang.

Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal,

aku bermimpi ingin mengubah dunia.

Seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku,

kudapati bahwa dunia tidak kunjung berubah.

Maka cita-cita itu pun agak kupersempit,

lalu kuputuskan untuk hanya mengubah negeriku.

Namun tampaknya, hasrat itupun tiada hasilnya.

Ketika usiaku semakin senja dengan semangatku yang masih tersisa,

kuputuskan untuk mengubah keluarga,

orang-orang yang paling dekat denganku.
Tetapi celakanya,

merekapun tidak mau diubah!

Dan kini,

sementara aku berbaring saat ajal

menjelang,

tiba-tiba aku sadari :

“andaikan yang pertama-tama kuubah adalah diriku,

Maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan,

mungkin aku bisa mengubah keluargaku.

Lalu berkat inspirasi dan dorongan

mereka,

bisa jadi aku pun mampu memperbaiki

negeriku,

Kemudian siapa tahu aku bahkan bisa mengubah dunia !”

Terukir di sebuah makam di Westminter Abbey, Inggris, 1100 M

Anak

Dan seorang wanita yang mendekap anaknya berkata

Bicaralah pada kami perihal anak-anak

Maka orang bijak itu pun bicara

Putramu bukanlah putramu

Mereka adalah putra-putri kehidupan

Yang mendambakan kehidupan mereka sendiri

Mereka datang melalui kamu tapi tidak dari kamu

Dan sungguhpun bersamamu mereka bukanlah milikmu

Engkau dapat memberikan kasih sayangmu

Tapi tidak pendirianmu

Sebab mereka memiliki pendirian sendiri

Engkau dapat memberikan tempat berpijak bagi raganya

Tapi tidak bagi jiwanya

Lantaran jiwa mereka ada di masa datang

Yang tidak bisa engkau capai sekalipun dalam mimpi

Engkau boleh berusaha mengikuti alam mereka

Tapi jangan mengharap mereka dapat mengikuti alammu

Sebab hidup tidaklah surut ke belakang

Tidak pula tertambat di masa lalu

Engkau adalah busur

Bagi anak panah putra-putrimu melesat ke masa depan

(Gibran)

Dari Lingkungan Hidupnya … Anak-Anak Belajar

Jika anak biasa hidup dicacat dan dicela, kelak ia akan terbiasa menyalahkan orang lain.

Jika anak terbiasa hidup dalam permusuhan, kelak ia akan terbiasa menentang dan melawan.

Jika anak biasa hidup dicekam ketakutan, kelak ia akan terbiasa merasa resah dan cemas.

Jika anak biasa hidup dikasihani, kelak ia akan terbiasa meratapi nasibnya sendiri.

Jika anak biasa hidup diolok-olok, kelak ia akan terbiasa menjadi pemalu.

Jika anak biasa hidup dikelilingi perasaan iri, kelak ia akan terbiasa merasa bersalah.

Jika anak biasa hidup serba dimengerti dan dipahami, kelak ia akan terbiasa menjadi penyabar.

Jika anak biasa hidup diberi semangat dan dorongan, kelak ia akan terbiasa percaya diri.

Jika anak biasa hidup banyak dipuji, kelak ia akan terbiasa menghargai.

Jika anak biasa hidup tanpa banyak dipersalahkan, kelak ia akan terbiasa senang menjadi dirinya sendiri.

Jika anak biasa hidup mendapatkan pengakuan dari kiri kanan, kelak ia akan terbiasa menetapkan sasaran langkahnya.

Jika anak biasa hidup jujur, kelak ia akan terbiasa memilih kebenaran.

Jika anak biasa hidup diperlakukan adil, kelak ia akan terbiasa dengan keadilan.

Jika anak biasa hidup mengenyam rasa aman, kelak ia akan terbiasa percaya diri dan mempercayai orang-orang di sekitarnya.

Jika anak biasa hidup di tengah keramahtamahan, kelak ia akan terbiasa berpendirian : “Sungguh indah dunia ini !”

Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia belajar memaki.

Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, ia belajar berkelahi.

Jika anak dibesarkan dengan cemoohan, ia belajar rendah diri.

Jika anak dibesarkan dengan penghinaan, ia belajar menyesali diri.

Jika anak dibesarkan dengan toleransi, ia belajar menahan diri.

Jika anak dibesarkan dengan dorongan, ia belajar percaya diri.

Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baiknya perlakuan, ia belajar keadilan.

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, ia belajar menemukan cinta dalam kehidupan.

(Dorothy Law Nolte)

Pengetahuan

Di masa Al Kindi sampai Ar Razi, dari Al Biruni sampai Ibnu Sina, dan Al Khawarizmi peradaban Islam menjadi raksasa sains sampai abad pertengahan. Sementara orang-orang Eropa banyak yang masih buta huruf. Tatkala merebut Ankara, Khalifah Harun Al Rasyid (786-809) dan ketika Khalifah Al Ma’mun (814-833) meraih kemenangan atas Kaisar Romawi Timur, Michel II, kedua pemimpin Islam itu tidak menuntut ganti rugi peperangan kecuali penyerahan manuskrip-manuskrip kuno. Di mesir pada abad ke 10, Khalifah Al Aziz memiliki perpustakaan dengan 1.600.000 buku dan 16.000 diantaranya tentang matematika. Sejak Alexander Agung membangun kota Iskandariah, perpustakaan Athena (Yunani) diboyong ke Iskandariah dan diterjemahkan ke bahasa Arab. Peradaban berkembang ke Spanyol (Cordoba), kontak dagang dengan perancis mulailah buku-buku sains Islam banyak diterjemahkan dari bahasa Arab ke Eropa dan diduplikasi hal itu mencerdaskan masyarakat Eropa. Jadi ilmu sains masuk deras ke Eropa di abad pertengahan (Renaisance). Adanya perang salib membawa alkulturasi/pertukaran budaya Islam-Eropa terutama dari Turki. Sejak itu sains eropa berkembang, termasuk pelayaran/ penjelajahan dunia akhirnya kolonialisasi marak. Di Cordoba sejak dioposisi kaum konservatif, krisis ekonomi-politik dan keterasingan. Sains dan saintis pada masa itu sering ditentang dan disudutkan, misalnya dalam kasus pembakaran buku-buku sains dan filsafat di Cordoba. Munculnya macam-macam aliran sufisme, krisis ekonomi, kekacauan politik dan keterasingan umat Islam memiliki sumbangan signifikan pada kejatuhan sains ini. Kehilangan dukungan pilar-pilar ini membuat perjalanan sains Islam menjadi mandeg, bahkan berhenti. Alhamdulillah belakangan mulai dikejar lagi.

Ya Allah

Bismillahir rahmaanir rahiimi.

Segala puji bagi Allah yang telah memerintah kami untuk bersyukur dan berbuat baik kepada ibu dan bapak, dan berwasiat agar kami menyayangi mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidik kami sewaktu kecil.

Ya Allah, sayangilah kedua orang tua kami. Ampuni, rahmati dan ridhoilah mereka.

Ya Allah, ampuni mereka dengan ampunan menyeluruh yang dapat menghapus dosa-dosa mereka yang lampau dan perbuatan buruk yang terus-menerus mereka lakukan.

Ya Allah, berbuat baiklah kepada mereka sebanyak kebaikan mereka kepada kami setelah dilipatgandakan, dan pandanglah mereka dengan pandangan kasih sayang sebagaimana mereka dahulu memandang kami.

Ya Allah, berilah mereka hak rububiyah-Mu yang telah mereka sia-siakan karena sibuk mendidik kami.

Maafkan segala kekurangan mereka dalam mengabdi kepada-Mu karena mengutamakan kami.

Maafkan mereka atas segala shubhat yang mereka jalani dalam usaha untuk menghidupi kami.

Ya Allah, berilah mereka bagian ganjaran dari ketaatan yang Engkau hidayahkan kepada kami, kebaikan yang Engkau mudahkan bagi kami, dan taufik yang telah mendekatkan kami kepada-Mu. Dan jangan bebankan kepada mereka segala dosa dan kesalahan yang kami lakukan dan tanggung jawab yang kami emban. Dan janganlah tambahkan dosa kami ke atas dosa mereka.


Walhamdu lillahi Robbil’Aalamin. Amien.

Blog Saya

Tautan Blog

Listrik Dinamik Kelas 12 PS 5

Video Listrik Statik Karya Siswa

Video Listrik Statik Siswa 12 PS 1 Kelompok 3

Video Listrik Dinamik Kelas 12 PS 3

Generator Van de Graff Mr Bean

Karya Siswa Kelas 12 PS 1 Kelompok 1