Sabtu, 20 Februari 2016

LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI



LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI














Drs. PRISTIADI UTOMO, M.Pd
NIP. 196609031994121003
SMK NEGERI 11 SEMARANG






















SMK NEGERI 11 SEMARANG
Jl CEMARA RAYA BANYUMANIK SEMARANG
2015



IDENTITAS GURU



1.      Nama Sekolah
:
SMK Negeri 11 Semarang
2.      Nama Guru
:
Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd
3.      NIP
:
196609031994121003
4.      Jabatan/Golongan Guru
:
Guru Madya / IV a
5.      Alamat Sekolah 
§  Jalan
§  Kota
§  Provinsi 
§  Telpon/Fax 

:
:
:
:

Jl Cemara Raya Banyumanik
Semarang
Jawa Tengah
024 7472008
6.      Mengajar Mata Pelajaran
:   
Fisika
7.      SK Pengangkatan


a.     Sebagai CPNS
§  Pejabat yang mengangkat
§  Nomor SK
§  Tanggal SK
b.     Pangkat Terakhir
§  Pejabat yang mengangkat
§  Nomor SK
§  Tanggal SK

:
:
:

:
:
:

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
73786/A2/C/1994
19 November 1994

Gubernur Jawa Tengah
823.4/08958
31 Oktober 2008
8.      Alamat Rumah
§  Jalan
§  Kabupaten
§  Provinsi
§  Telpon/ HP

:
:
:
:









Pondok Majapahit I/W-9 Mranggen
Demak
Jawa tengah
024 6722607 / 08157610939



LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI








Oleh:
Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd
NIP. 196609031994121003






Semarang, 31 Desember 2015
           
Kepala Sekolah,                                                                       Koordinator PKB,




Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd                                                Ir. Diwyacitta Prasasti, M.Si
NIP. 196212191993031007                                                  NIP. 196412021993032004









KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis haturkan ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia yang dilimpahkan kepada penulis sehingga Laporan Pengembangan Diri ini dapat diselesaikan sebagaimana mestinya.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini dapat diselesaikan berkat adanya bantuan, bimbingan, dorongan dan petunjuk dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar – besarnya kepada:
1.   Bapak Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd selaku Kepala SMKN 11 Semarang yang telah memberikan tugas kepada penulis untuk mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri yang telah penulis laksanakan.
2.   Teman-teman seprofesi yang telah memberikan bantuan semangat dan  motivasi untuk bisa diselesaikannya penulisan laporan ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan, oleh karena itu, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Meski demikian, penulis tetap berharap agar kiranya laporan ini dapat digunakan untuk keperluan yang semestinya.
                                                                                                                                                                                                                                                       

                                                                                       Semarang,  31 Desember 2015
                                                                                                            Penulis



DAFTAR   ISI
Halaman

LEMBAR SAMPUL ………………………………………………………………        i
LEMBAR IDENTITAS ……………………………………………………………       ii
LEMBAR PENGESAHAN …………………………………………………………     iii
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………          iv
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………         v
A.    PENDAHULUAN ………………………………………………………………       1
1.      Latar Belakang ……………………………………………………………           1
2.      Tujuan Umum ……………………………………………………………            1
B.     PENGEMBANGAN DIRI (1)
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan ……………………………     2
2.      Jenis Kegiatan ……………………………………………………………            2
3.      Tujuan PD ……………………………………………………………                  2
4.      Uraian Materi PD ……………………………………………………………       2
5.      Tindak Lanjut ……………………………………………………………             2
6.      Dampak PD ……………………………………………………………                3
C.     PENGEMBANGAN DIRI (2)
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan ……………………………     4
2.      Jenis Kegiatan ……………………………………………………………           4
3.      Tujuan PD ……………………………………………………………                 4
4.      Uraian Materi PD ……………………………………………………………      4
5.      Tindak Lanjut ……………………………………………………………            4
6.      Dampak PD ……………………………………………………………               4
D.    PENGEMBANGAN DIRI (3)
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan ……………………………    5
2.      Jenis Kegiatan ……………………………………………………………           5
3.      Tujuan PD ……………………………………………………………                 5
4.      Uraian Materi PD ……………………………………………………………      5
5.      Tindak Lanjut ……………………………………………………………            5
6.      Dampak PD ……………………………………………………………               5
E.     PENGEMBANGAN DIRI (4)
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan ……………………………    6
2.      Jenis Kegiatan ……………………………………………………………           6
3.      Tujuan PD ……………………………………………………………                 6
4.      Uraian Materi PD ……………………………………………………………      6
5.      Tindak Lanjut ……………………………………………………………            6
6.      Dampak PD ……………………………………………………………               6
F.      PENGEMBANGAN DIRI (5)
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan……………………………     7
2.      Jenis Kegiatan ……………………………………………………………           7
3.      Tujuan PD ……………………………………………………………                 7
4.      Uraian Materi PD ……………………………………………………………      7
5.      Tindak Lanjut ……………………………………………………………          7
6.      Dampak PD ……………………………………………………………             7
G.    PENGEMBANGAN DIRI (6)
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan ……………………………   8
2.      Jenis Kegiatan ……………………………………………………………          8
3.      Tujuan PD ……………………………………………………………                8
4.      Uraian Materi PD ……………………………………………………………     8
5.      Tindak Lanjut ……………………………………………………………           8
6.      Dampak PD ……………………………………………………………              8
H.    PENGEMBANGAN DIRI (7)  
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan ……………………………    9
2.      Jenis Kegiatan ……………………………………………………………           9
3.      Tujuan PD ……………………………………………………………                 9
4.      Uraian Materi PD ……………………………………………………………      9
5.      Tindak Lanjut ……………………………………………………………            9
6.      Dampak PD ……………………………………………………………               9
I.        PENUTUP ……………………………………………………………………         10
LAMPIRAN-LAMPIRAN
·         Format Rekapitulasi Kegiatan Pengembangan Diri
·         Foto Copy Sertifikat/Surat Keterangan
·         Foto Copy Surat Penugasan Kepala Sekolah/Kepala Dinas Pendidikan



A.    PENDAHULUAN


1.      Latar Belakang

Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi  pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif.   Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, tidak cukup bila guru hanya melakukan tugasnya mengajar, membimbing dan mendidik para siswanya, melainkan harus selalu mengembangkan profesinya tersebut. Pengembangan terhadap profesi guru tersebut hendaklah dilaksanakan secara terprogram dan berkelanjutan, melalui kegiatan Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk  mewujudkan terbentuknya guru yang profesional.  Salah satu jenis kegiatan PKB adalah Pengembangan Diri.
Kegiatan Pengembangan Diri tersebut dapat dilakukan melalui dua jenis kegiatan, yaitu: (1) Mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional dan/atau (2) Mengikuti kegiatan kolektif guru. Menyadari akan kebutuhan peningkatan profesionalisme, penulis mengikuti kegiatan pengembangan diri, dan untuk keperluan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan tersebut, maka dituliskan dalam bentuk laporan kegiatan ini.


2.      Tujuan Umum

Tujuan dari kegiatan pengembangan diri adalah untuk meningkatkan kompetensi penulis sebagai guru, baik kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi managerial maupun kompetensi sosial.


B.     PENGEMBANGAN DIRI  (1 )

1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan pada tanggal 18 s.d 21 April 2013 (alokasi waktu penyelenggaran selama 40 jam efektif). Jadwal dan Uraian Materi Terlampir.
Penyelenggara Kegiatan adalah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan FPMIPA Universitas Negeri Semarang (UNNES) .

2.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini adalah Diklat Fungsional, yaitu Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Pengelola Laboratorium Fisika SMA/SMK tingkat provinsi Jawa Tengah.

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri agar guru Pengelola Laboratorium Fisika mampu dan terampil dalam hal:
a.       Pemanfaatan laboratorium untuk pembelajaran.
b.      Merancang kegiatan Pengembangan laboratorium Fisika.
c.       Membagi Tugas Teknisi dan Laboran di Laboratorium Fisika.
d.      Menerapkan Gagasan, Teori, dan Prinsip Kegiatan laboratorium Fisika. 
e.       Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium
f.       Pengembangan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Pengelola Laboratorium.
g.      Praktek menggunakan bahan dan alat Laboratorim Fisika.

4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi pengelola Laboratorium Fisika  dalam bentuk CD dan praktek langsung tentang topik sbb.
a.       Pemanfaatan laboratorium untuk pembelajaran.
b.      Merancang kegiatan Pengembangan laboratorium Fisika.
c.       Membagi Tugas Teknisi dan Laboran di Laboratorium Fisika.
d.      Menerapkan Gagasan, Teori, dan Prinsip Kegiatan laboratorium Fisika. 
e.       Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium
f.       Pengembangan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Pengelola Laboratorium.
g.      Praktek menggunakan bahan dan alat Laboratorim Fisika.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini adalah penulis menjalankan tugas sebagai Kepala Laboratorium Fisika lebih terarah langkah-langkahnya terkait dengan sumber daya yang tersedia yaitu laboran dan sesama rekan sejawat yaitu guru-guru fisika yang lain dapat memiliki pedoman bersama dan kesamaan pendapat akan pentingnya laboratorium Fisika untuk pembelajaran Fisika .

6.    Dampak Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.       Kegiatan pembelajaran yang dilakukan berbasis laboratorium Fisika membuat siswa lebih senang, lebih aktif, lebih serius dan lebih antusias. 
b.      Siswa menjadi lebih mudah paham konsep Fisika
 

C.    PENGEMBANGAN DIRI  (2 )

1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan pada tanggal 16 s.d 19 November 2013 (lama waktu penyelenggaran selama 31 jam efektif). Jadwal dan Uraian Materi Terlampir.
Penyelenggara Kegiatan adalah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

2.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini adalah Diklat Fungsional, yaitu Simposium Model Pembelajaran Berbahasa Inggris Guru SMA/SMK tingkat provinsi Jawa Tengah.

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri agar guru terampil mengajar dengan penyampaian selain menggunakan bahasa Indonesia juga menggunakan bahasa Inggris.

4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Pentingnya penguasaan keterampilan mengajar dengan menggunakan bahasa Inggris di era globalisasi seperti MEA dan APEC bagi guru SMA/SMK terutama mata pelajaran rumpun sains di Jawa Tengah. Guru diharapkan bisa membuat Rencana Pembelajaran bilingual dan mampu mengimplementasikannya di dalam proses KBM.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini adalah sebagai berikut : penulis melakukan diseminasi kepada guru se MGMP di sekolah, dan mengimplementasikan hasil kegiatan  ke dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

6.    Dampak Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.       Kegiatan pembelajaran di kelas  menjadi lebih aktif, lebih serius dan lebih antusias. 
b.      Siswa menjadi lebih berminat dan lebih disiplin serta bersikap dan berperilaku lebih baik. 



D.    PENGEMBANGAN DIRI  (3 )

1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan pada tanggal 25 Juni s.d 24 Juli 2015 (alokasi waktu penyelenggaran selama 90 jam efektif)..
Penyelenggara Kegiatan adalah Quipper Scholl .

2.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini adalah Diklat Fungsional, yaitu Online Training for Ambassador Program 2015. Khususnya dalam Physics Training

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri agar guru Fisika mampu dan Terampil menggunakan Pembelajaran Online dan menyiapkan materi dan soal secara online sekaligus mengevaluasinya secara online.

4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi Physics Training Online untuk para Ambasador terakumulasi di alamat web www.quipper.school.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini adalah penulis menjalankan kombinasi pembelajaran online dari quipper school baik dalam proses KBM di kelas maupun interaksi dengan siswa di luar kelas di luar jam-jam KBM.

6.    Dampak Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.       Kegiatan pembelajaran yang dilakukan berbasis pembelajaran online membuat siswa lebih nyaman tidak terkungkung oleh jam belajar di sekolah namun dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. 
b.      Siswa menjadi lebih akrab dengan konsep Fisika karena mereka sehari-hari sudah pegang gadget yang mudah dipakai mengakses materi/konsep maupun soal Fisika.




E.     PENGEMBANGAN DIRI  (4 )

1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan pada tanggal 7, 14, dan 18 November 2015 (alokasi waktu penyelenggaran selama 32 jam efektif). Jadwal dan Uraian Materi Terlampir.
Penyelenggara Kegiatan adalah PGRI Kota Semarang bekerja sama dengan FIS Universitas Negeri Semarang (UNNES) .

2.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini adalah Diklat Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Penguatan Karya Ilmiah.

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri agar guru mampu dan terampil dalam hal menulis Karya Ilmiah agar profesionalitas guru meningkat.

4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi dalam bentuk file tentang macam-macam karya ilmiah untuk pengembangan diri dan pengembangan profesi guru.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini adalah penulis dapat lebih produktif menulis karya ilmiah untuk menunjang tugas-tugas fungsional guru .

6.    Dampak Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.       Dapat mengajak teman guru sejawat untuk termotivasi dalam menulis karya ilmiah. 
b.      Termotivasi untuk lebih banyak melakukan penelitian terutama action research di kelas.



F.     PENGEMBANGAN DIRI  (5 )

1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan pada tanggal 18 Juni 2013 (alokasi waktu penyelenggaran selama 8 jam efektif).
Penyelenggara Kegiatan adalah Program CSR - FIF Group Peduli Pendidikan 2013.

2.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini adalah Kegiatan Kolektif Guru, yaitu WORKSHOP PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menantang, dan Menyenangkan untuk Guru SMK.

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri agar guru mampu dan terampil dalam hal mengembangkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menantang, dan Menyenangkan.

4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi tentang Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menantang, dan Menyenangkan untuk KBM di kelas.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini adalah penulis dapat lebih mempraktekkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menantang, dan Menyenangkan .

6.    Dampak Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya adalah siswa lebih  Aktif, Kreatif, Efektif, Menantang, dan Menyenangkan dalam mengikuti pelajaran di kelas.



G.    PENGEMBANGAN DIRI  (6 )

1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan pada tanggal 16 Juni 2015 (alokasi waktu penyelenggaran selama 8 jam efektif).
Penyelenggara Kegiatan adalah SMA Negeri 14 Semarang.

2.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini adalah Kegiatan Kolektif Guru, yaitu Workshop Penyempurnaan KTSP dan Peningkatan Profesi Guru Melalui PKB.

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri agar guru mampu dalam Penyempurnaan KTSP dan Peningkatan Profesi melalui PKB.

4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi dalam bentuk file tentang macam-macam karya ilmiah untuk pengembangan diri dan pengembangan profesi guru.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini adalah penulis dapat lebih meningkatkan keprofesian guru untuk menunjang tugas-tugas fungsional guru .

6.    Dampak Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya adalah dapat lebih meningkatkan keprofesian guru untuk menunjang tugas-tugas fungsional guru 


H.    PENGEMBANGAN DIRI  (7 )

1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
Diselenggarakan pada tanggal 21 November 2015 (alokasi waktu penyelenggaran selama 8 jam efektif)..
Penyelenggara Kegiatan adalah PGRI Kota Semarang.

2.      Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini adalah Kegiatan Kolektif Guru, yaitu Seminar Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan desiminasi Karya Ilmiah. Penulis berperan sebagai pemakalah.

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri agar guru mampu mengembangkan keprofesian berkelanjutan terutama mengembangkan kemampuan menulis Karya Ilmiah agar profesionalitas guru meningkat.

4.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Materi dalam bentuk laporan dan slide file tentang PTK meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemantulan cermin datar melalui alat praktek Pintu Cermin.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini adalah penulis dapat lebih produktif menulis karya ilmiah dan terpacu mengikuti seminar sebagai pemakalah untuk meningkatkan tugas fungsional guru .

6.    Dampak Pengembangan Diri
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil kegiatan  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
a.       Dapat mengajak teman guru sejawat untuk termotivasi dalam mengikuti seminar penulisan karya ilmiah guru. 
b.      Termotivasi untuk lebih banyak berperan sebagai pemakalah pada seminar pendidikan.




I.       PENUTUP

Penyelenggaraan kegiatan Pengembangan Diri pada umumnya sangat membantu dalam melakukan peningkatan keprofesian guru. Hal itu dapat berpengaruh dalam cara guru mengajar melakukan KBM di kelas. Hal senada akan berdampak positif kepada para siswa untuk meningkatkan keterampilan, karakter, dan prestasinya. Penulis berharap supaya kegiatan Pengembangan Diri lebih banyak diprogramkan dan diadakan secara rutin agar para guru   dapat meningkatkan kompetensi-kompetensinya nya




LAMPIRAN-LAMPIRAN



§  Rekapitulasi Kegiatan Pengembangan Diri
No
Nama Kegiatan
Materi PD/ Kompetensi
Peran Guru
Waktu/ Jam PD
Nama Fasilitator
Tempat Kegiatan
Institusi Penyelenggara
1

Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Pengelola Laboratorium Fisika SMA/SMK tingkat provinsi Jawa Tengah.

Terlampir
Peserta
40 jam
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
LPMP Jawa Tengah
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah & UNNES

2
Simposium Model Pembelajaran Berbahasa Inggris Guru SMA/SMK tingkat provinsi Jawa Tengah
Terlampir
Peserta
31 jam
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
LPMP Jawa Tengah
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah

3
Online Training for Ambassador Program 2015. Physics Training
Terlampir
Peserta
90 jam
Quipper School LTD
Via Internet
Quipper School LTD
4

Diklat Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Penguatan Karya Ilmiah
Terlampir
Peserta
32 jam
PGRI Kota Semarang
UNNES
UNNES & PGRI Kota Semarang
5

WORKSHOP PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menantang, dan Menyenangkan untuk Guru SMK
Terlampir
Peserta
8 jam
FIF Group
Hotel Pandanaran
Program SCR – FIF Group Peduli Pendidikan
6
Workshop Penyempurnaan KTSP dan Peningkatan Profesi Guru Melalui PKB.
Terlampir
Peserta
8 jam
Dinas Pendidikan Kota Smg
SMAN 14 Semarang
SMAN 14 Semarang & Dinas Pendidikan Kota Smg
7
Seminar Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan desiminasi Karya Ilmiah
Terlampir
Pemakalah
8 jam
PGRI Kota Semarang
Gedung PGRI & SMAN 2 Smg
PGRI Kota Semarang

§  Fotokopi Sertifikat/Surat Keterangan (Terlampir)
§  Fotokopi Surat Penugasan (Terlampir)

Tidak ada komentar:

UN FISIKA 2017 PREDIKSI

Pilihlah jawaban yang paling benar ! 1.      Diameter dalam suatu tabung jika diukur menggunakan jangka sorong diperoleh hasil seb...