Jumat, 17 Januari 2014

KISI-KISI FISIKA SMA UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014



KISI-KISI FISIKA SMA UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014




25. FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR



1.
Memahami prinsip-prinsip
Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur dan

mengukuran besaran fisika secara
menentukan hasil pengukuran dengan

langsung dan tidak langsung dengan
memperhatikan aturan angka penting.

cermat, teliti dan objektif.
Menentukan resultan vektor dengan berbagai cara.
2.
Memahami gejala alam dan
Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak

keteraturannya dalam cakupan
melingkar beraturan, atau gerak parabola

mekanika benda titik, benda tegar,
Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton

usaha, kekekalan energi, elastisitas,
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

impuls, momentum dan masalah
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi

Fluida.
(torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik


berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II


Newton dalam masalah benda tegar.


Menentukan hubungan usaha dengan perubahan


energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan


besaran-besaran yang terkait.


Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas


bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada


konsep elastisitas.


Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait


dengan hukum kekekalan energi mekanik.


Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait


dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan


momentum.


Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan


dengan fluida statik atau fluida dinamik dan


penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Memahami konsep kalor dan prinsip
Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat,

konservasi kalor, serta sifat gas ideal,
perpindahan kalor atau asas Black dalam pemecahan

dan perubahannya yang menyangkut
masalah.

hukum termodinamika dalam
Menjelaskan persamaan umum gas ideal pada

penerapannya pada mesin kalor.
berbagai proses termodinamika dan penerapannya.


Menentukan besaran fisis yang berkaitan dengan


proses termodinamika pada mesin kalor.
4.
Menganalisis konsep dan prinsip
Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis pada

gelombang, optik dan bunyi dalam
gelombang.

berbagai penyelesaian masalah dan
Menjelaskan berbagai jenis gelombang

produk teknologi.
elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam


kehidupan sehari-hari.


Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait


dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong.


Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa


interferensi dan difraksi.


Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan


dengan peristiwa efek Doppler.


Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi


pada berbagai kondisi yang berbeda.





NO
KOMPETENSI
INDIKATOR



5.
Memahami konsep dan prinsip
Menentukan besaran-besaran fisis yang

kelistrikan dan kemagnetan dan
mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.

penerapannya dalam berbagai
Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atau

penyelesaian masalah.
energi potensial listrik, serta penerapannya pada


kapasitas keping sejajar atau pada rangkaian


kapasitor.


Menentukan besaran-besaran listrik pada suatu


rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.


Menentukan induksi magnetik di sekitar kawat


berarus listrik.


Menentukan arah dan besar gaya magnetik (gaya


Lorentz) pada kawat berarus listrik atau muatan


listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen.


Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL


induksi atau prinsip kerja transformator.


Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus


bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan


kapasitor.
6.
Memahami konsep dan prinsip
Menjelaskan berbagai teori atom.

kuantum, relativitas, fisika inti dan
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan

radioaktivitas dalam kehidupan
peristiwa efek foto listrik/efek Compton.

sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan


teori relativitas.


Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti


atom.


Menjelaskan macam-macam zat radioaktif atau


pemanfaatannya



 


























Kompetensi–Standar Isi–2013-2014
32

 

Tidak ada komentar: