Senin, 06 Januari 2014

Pentingnya Pemecahan Masalah



RP Feynman, pemenang Nobel dalam fisika, pernah berkata, "Anda tidak tahu apa-apa sampai Anda telah berlatih". Sesuai dengan pernyataan ini, saya sangat menyarankan bahwa Anda harus mampu mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk memecahkan berbagai masalah. Kemampuan Anda untuk memecahkan masalah akan menjadi salah satu tes utama dari pengetahuan Anda tentang fisika, oleh karena itu Anda harus mencoba untuk memecahkan masalah-masalah sebanyak mungkin. Penting bagi Anda untuk memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip sebelum mencoba untuk memecahkan masalah. Sebagai contoh, masalah dalam mekanika dapat diselesaikan dengan menggunakan hukum Newton, tetapi seringkali sebuah metode alternatif menggunakan pertimbangan energi lebih tepat digunakan. Anda tidak harus membohongi diri anda dengan berpikir Anda dapat memahami masalah setelah melihat solusinya di kelas. Anda harus dapat memecahkan sendiri masalah itu dan masalah yang serupa.
Metode pemecahan masalah harus direncanakan dengan hati-hati. Sebuah rencana yang sistematis sangat penting apalagi ketika sebuah masalah melibatkan beberapa konsep. Pertama, bacalah masalah itu beberapa kali sampai Anda yakin Anda memahami apa yang ditanyakan. Carilah kata-kata kunci yang akan membantu Anda menginterpretasikan masalah itu, dan mungkin memungkinkan Anda untuk membuat asumsi tertentu. Kemampuan Anda untuk menafsirkan pertanyaan dengan benar merupakan bagian integral dari pemecahan masalah. Anda harus membiasakan diri menuliskan informasi yang diberikan dalam suatu masalah, dan memutuskan apa saja yang diperlukan untuk memecahkannya. Anda bisa juga membuat sebuah tabel tertentu untuk menuliskan informasi yang diberikan dan ditemukan. Prosedur ini kadang-kadang digunakan dalam teks bacaan. Setelah Anda telah memutuskan metode yang Anda rasa cocok untuk situasi itu, lanjutkan dengan solusi Anda.
Saya sering menemukan bahwa siswa gagal untuk mengenali batasan rumus tertentu atau hukum-hukum fisika dalam situasi tertentu. Hal ini sangat penting bagi Anda untuk memahami dan mengingat asumsi-asumsi yang mendasari suatu teori tertentu atau rumusan. Sebagai contoh, persamaan tertentu dalam kinematika hanya berlaku untuk sebuah partikel yang bergerak dengan percepatan konstan. Persamaan-persamaan ini tidak berlaku untuk situasi di mana percepatan tidak konstan, seperti gerakan obyek terhubung dengan tali, atau gerakan obyek melalui fluida.



Strategi Umum Pemecahan Masalah

Sebagian besar program dalam fisika umumnya mengharuskan siswa untuk mempelajari keterampilan pemecahan masalah dan ujian sebagian besar terdiri dari masalah yang menguji keterampilan tersebut. Bagian ini menjelaskan secara singkat beberapa ide yang berguna yang akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan akurasi Anda dalam memecahkan masalah, meningkatkan pemahaman Anda tentang konsep fisika, menghilangkan kepanikan awal atau kurangnya arah dalam mendekati masalah, yang mengatur pekerjaan Anda. Salah satu cara untuk membantu mencapai tujuan ini mengadopsi strategi pemecahan masalah. Banyak bab dalam teks ini akan mencakup bagian berlabel "Strategi Pemecahan Masalah dan Petunjuknya" yang akan membantu Anda menyelesaikan permasalahn-permasalahan.
Dalam mengembangkan strategi pemecahan masalah terdapat lima langkah dasar yang umum digunakan:
  1. Gambarlah diagram yang sesuai dengan label yang sesuai dan sumbu-sumbu koordinat jika diperlukan 
  2. Ketika Anda memeriksa apa yang diminta dalam masalah (soal), identifikasikan prinsip fisika dasar yang terlibat, buat daftar hal-hal yang diketahui dan tidak diketahui. 
  3. Pilih hubungan dasar atau dapatkan suatu persamaan yang dapat digunakan untuk mencari hal-hal yang tidak diketahui dan pecahkan persamaan itu secara simbolis. 
  4. Substitusikan nilai yang diberikan beserta satuan yang tepat ke dalam persamaan itu. 
  5. Dapatkan nilai numerik yang tidak diketahui. Verifikasi masalah dan beri tanda centang jika pertanyaan-pertanyaan berikut dapat dijawab dengan benar: Apakah satuannya cocok? Apakah jawabannya masuk akal? Apakah tanda plus atau minus tepat atau bermakna?

Salah satu tujuan dari strategi ini adalah untuk meningkatkan akurasi. Penggambaran diagram dengan benar dapat menghilangkan banyak kesalahan tanda. Diagram juga membantu untuk mengisolasi prinsip-prinsip fisika dari masalah. Solusi simbolis dan penulisan label hal yang diketahui dan tidak diketahui akan membantu menghilangkan kesalahan lainnya. Penggunaan solusi simbolis akan membantu Anda memahami arti fisis dari masalah. Pengecekan satuan pada akhir masalah dapat menunjukkan kesalahan aljabar yang mungkin terjadi. Tata letak dan pengorganisasian fisika dari suatu masalah Anda akan membuat hasil akhir yang lebih dimengerti dan lebih mudah untuk diikuti. Setelah Anda memiliki pengembangan sistem pemecahan masalah dan penggalian informasi yang relevan, Anda akan menjadi pemecah masalah yang lebih percaya diri.

Tidak ada komentar:

TAV Modul A Profesional

TAV Modul A Profesional Total Nilai : 100 1 Garis tebal antara 0,5mm sd 0,7mm aplikasi penggunaannya untuk …. Jawaban Peserta...