Kamis, 27 April 2017

TAV Modul C Pedagogik



TAV Modul C Pedagogik
Total Nilai : 100

1
Model pengembangan kurikulum yang dikembangkan dari atas ke bawah, dimana gagasan pengembangan kurikulum datang dari para administrator pendidikan dan dengan menggunakan prosedur administrasi yang bersifat sentralistik disebut dengan :
Jawaban Peserta : A. Model Adminstratif 
10 Poin
2
Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran yang mencakup Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Selaras dengan pengembangan silabus maka materi pembelajaran yang akan dikembangkan memperhatikan pencapaian :
Jawaban Peserta : B. Kompetensi Inti dan kompetensi dasar, kesesuaian dengan materi pokok yang diajarkan, mendukung pengalaman belajar, ketepatan metoda dan media pembelajaran, dan sesuai dengan indikator untuk mengembangkan asesmen serta berdasarkan 3 (tiga) ranah yaitu : ranah  pengetahuan, ketrampilan dan sikap 
10 Poin
3
Jika tujuan pembelajaran khusus berbunyi : Siswa dapat  membuat sambungan ekor burung menggunakan alat tangan sederhana dengan benar dalam waktu 4 jam, maka pengalaman belajar yang sangat cocok diberikan pada siswa dalam rangka mencapai tujuan tersebut adalah :
Jawaban Peserta : D. Pengalaman belajar langsung 
10 Poin
4
Terdapat tiga tingkatan modus belajar, yaitu pengalaman langsung (enactive), pengalaman piktorial/gambar (iconic), dan pengalaman abstrak. Ketiga pengalaman tersebut dikemukakan oleh :
Jawaban Peserta : C. Brunner 
10 Poin
5
Jika indikator pencapaian kompetensi berbunyi : Surat dinas diketik dengan 10 jari tanpa kesalahan dalam waktu 15 menit,  maka rumusan tujuan pembelajaran khusus yg paling tepat adalah :
Jawaban Peserta : C. Siswa dapat mengetik surat dinas dengan 10 jari tanpa kesalahan dalam waktu 15 menit 
10 Poin
6
Setiap merumuskan tujuan pembelajaran perlu memperhatikan persyaratan yg harus dipenuhi. Empat syarat yang harus dipenuhi dalam perumusan tujuan pembelajaran khusus adalah :
Jawaban Peserta : A. Audience (sasaran pembelajaran), behaviour (perubahan perilaku), conditions (kondisi), dan degree (ukuruan keberhasilan) 
10 Poin
7
Tantangan yang berkaitan dengan penguatan pola pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus memiliki pilihan-pilihan terhadap materi yang dipelajari dan gaya belajarnya (learning style) untuk memiliki kompetensi yang sama. Hal tersebut merupakan rasional pengembangan kurikulum berdasarkan pada faktor :
Jawaban Peserta : B. Penyempurnaan Pola Pikir 
10 Poin
8
Kurikulum harus relevan dengan tuntutan masyarakat, kebutuhan peserta didik, tuntutan dunia kerja, dan tentunya dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Pernyataan tersebut merupakan :

Jawaban Peserta : B. Prinsip relevansi dalam pengembangan kurikulum 
10 Poin
9
Setiap kurikulum dikembangkan berdasarkan  faktor-faktor tertentu. Kurikulum SMK 2013 dikembangkan berdasarkan faktor-faktor sebagai berikut:
Jawaban Peserta : A. Tantangan internal, tantangan eksternal, penyempurnaan pola pikir, penguatan tata kelola kurikulum, dan penguatan materi. 
10 Poin
10
Jika tujuan pembelajaran khusus berbunyi : “Siswa dapat mengetik surat dinas dengan 10 jari tanpa kesalahan dalam waktu 15 menit”, sedangkan pengalaman belajar yang akan diberikan adalah pengalaman langsung, maka materi pelajaran yg paling tepat adalah :
Jawaban Peserta : D. Mengetik surat dinas 
10 Poin


Tidak ada komentar: