Kamis, 27 April 2017

TAV Modul C Profesional



TAV Modul C Profesional
Total Nilai : 100

1
Banyaknya jumlah elektron yang dibutuhkan untuk menghasilkan muatan listrik 3C adalah …. 
Jawaban Peserta : B.   
5 Poin

2
Nilai resistansi statis pada ilustrasi kurva arus I=f(V) di bawah ini, jika tegangan yang ditunjukkan pada kurva sebesar 6V adalah ….

 

Jawaban Peserta : A. 2 kOhm 
5 Poin
3
Nilai resistansi statis pada ilustrasi kurva arus I=f(V) di bawah ini, jika tegangan yang ditunjukkan pada kurva sebesar  8V adalah ….

 

Jawaban Peserta : D. 2 kOhm 
5 Poin
4
Sebuah resistor sebesar 5,6kohm dan kapasitor 4,7nF dihubungkan  secara  seri  seperti  gambar  berikut dihubungan  diantara  dua terminal dengan tegangan berbentuk sinusioda 10V dengan frekuensi 10kHz, maka nilai arus (i) yang melalui rangkaian RC sebesar ….
Jawaban Peserta : C. 8,57 Volt 
5 Poin
5
Sebuah resistor sebesar 5,6kohm dan kapasitor 4,7nF dihubungkan secara seri seperti gambar berikut dihubungan diantara dua terminal dengan tegangan berbentuk  sinusioda  10V  dengan frekuensi  10kHz,  maka  nilai  impedansi  (Z) sebesar ….

 

Jawaban Peserta : B. 6,55 kOhm  
5 Poin
6
Sebuah meter kumparan putar menghasilkan simpangan penuh pada arus 1 mA dan memiliki tahanan 25 Ohm. Untuk mengubah perangkat ini menjadi voltmeter dengan simpangan penuh 100 V dibutuhkan resistor sebesar …
Jawaban Peserta : A. 100 kOhm 
5 Poin
7
Sebuah meter kumparan putar menghasilkan simpangan penuh pada arus 1 mA dan memiliki tahanan 25 Ohm. Untuk mengubah perangkat ini menjadi voltmeter dengan simpangan penuh 50 V dibutuhkan resistor sebesar ….

 

Jawaban Peserta : D. 50 kOhm 
5 Poin
8
Sebuah meter-kumparan putar menghasilkan simpangan penuh. Bekerja pada arus 1 mA dan memiliki resistansi 25 Ohm.  Untuk mengubah perangkat alat ukur menjadi ampere meter dengan simpangan penuh menjadi 50 mA diperlukan resistor paralel (shunt) sebesar ….

 

Jawaban Peserta : C. 510 m Ohm  
5 Poin
9
Dalam bahan isolator, celah energi antara valensi dan pita konduksi adalah ….

 

Jawaban Peserta : A. sangat besar 
5 Poin
10
Dalam bahan konduktor, celah energi antara valensi dan pita konduksi adalah....

 

Jawaban Peserta : B. sangat kecil 
5 Poin
11
Dalam  bahan  semikonduktor,  celah  energi  antara  valensi  dan  pita  konduksi adalah sekitar ….

 

Jawaban Peserta : C. 1eV 
7 Poin
12
Perhatikan  gambar  di  bawah.  Jika  tengangan  diantara  ujung-ujung  resistor sebesar 16 Volt dan arus yang mengalir sebesar 8 mA, maka besarnya resistor adalah ….

 

Jawaban Peserta : D. 2kohm 
7 Poin
13
Rangkaian  arus  bolak-balik  mempunyai  reaktansi  induktif  (resistansi  semu) sebesar 2,5k Ohm pada frekuensi 1000Hz, maka besarnya induktansi induktor L sebesar ….

 

Jawaban Peserta : A. 400mH 
7 Poin
14
Rangkaian  arus  bolak-balik  mempunyai  induktansi induktor L sebesar 400mH bekerja pada frekuensi 1000Hz, maka besarnya reaktansi induktif (XL resistansi semu) induktor sebesar ….
Jawaban Peserta : B. 2,5 kOhm  
7 Poin
15
Rangkaian arus bolak-balik mempunyai reaktansi induktif (resistansi semu) sebesar 2,5k ohm dan induktansi induktor 400mH, maka besarnya frekuensi yang bekerja pada komponen induktor L sebesar ….
Jawaban Peserta : C. 1000Hz 
5 Poin
16
Rumus muatan listrik Q adalah ….
Jawaban Peserta : D.   
7 Poin
17
Besarnya muatan listrik (coulomb-Q) yang dihasilkan, bilamana jumlah elektron yang mewakili persamaan dibawah adalah ….
Jawaban Peserta : A. 0,15C 
5 Poin
18
Nilai resistansi dinamis pada ilustrasi kurva arus I=f(V) di bawah ini, jika perubahan tegangan yang ditunjukkan pada kurva sebesar 2V adalah ….

 

Jawaban Peserta : B. 2 kOhm 
5 Poin


Tidak ada komentar: