Senin, 31 Oktober 2011

Soal Latihan Induksi Magnetik


  1. Suatu kawat panjang lurus dialiri arus 25 A dari utara ke selatan. Tentukan besar dan arah  induksi magnet pada titik yang berjarak  4cm di atas kawat.
  2. Dua buah kawat panjang lurus sejajar terpisah pada jarak 12 cm. Kawat pertama dialiri arus 4 A kawat kedua 6A. Tentukan besar induksi magnet pada titik yang berada di antara dua kawat tersebut dan berjarak  4 cm dari kawat pertama.
  3. Suatu  penghantar dililitkan melingkar 3 kali dengan jari – jari 25 cm. Pada penghantar dialirkan arus listrik 12 A. Hitung induksi magnet pada pusat lingkaran.
  4. Induksi magnet pada pusat solenoida yang panjangnya 24 cm  dan terdiri 100  lilitan adalah 3 x  10-4 T. Tentukan kuat arus yang mengalir pada solenoida tersebut.
  5. Suatu kawat panjang lurus dialiri arus 20 A dari timur ke barat Tentukan besar dan arah  induksi magnet pada titik yang berjarak  3 cm di bawah kawat
  6. Sebuah solenoida yang panjangnya 20 cm  dan terdiri 100 lilitan dialiri arus 5A. Hitung induksi magnet pada ujung solenoida..
  7. Suatu kumparan kawat terdiri dari 10 lilitan dan berarus 8 A. Bila induksi magnet pada pusat lingkaran 1 x 10-4 T, hitung jari – jari lingkarannya.
  8. Dua buah kawat sejajar terpisah pada jarak 12 cm. Kawat 1 dialiri arus 12 A, kawat 2 dialiri arus 8 A, tentukan besar dan arah induksi magnet pada tengah – tengah kedua kawat bila  kedua arus berlawanan arah.
  9. Dua buah kawat A dan B panjang lurus  terletak sejajar dan berjarak 12 cm dialiri arus searah dan sama besar  6A. Hitung besar dan arah induksi magnet pada sebuah titik yang berjarak 3 cm dari A dan 9 cm dari B.
  10. Sebuah solenoida yang panjangnya 20 cm  dan terdiri 100 lilitan dialiri arus 5A. Hitung induksi magnet pada pusat solenoida.



      Hitung besar dan arah induksi magnet  pada titik P yang bejarak 4 cm dari kawat pertama dan 20 cm dari kawat kedua
  1.  Suatu kawat panjang lurus dialiri arus 15 A dari barat ke timur. Tentukan besar dan arah  induksi magnet pada titik yang berjarak  5 cm di atas kawat.

1 komentar:

Farid Harisandy mengatakan...

Jawabn nmr 10

TAV Modul A Profesional

TAV Modul A Profesional Total Nilai : 100 1 Garis tebal antara 0,5mm sd 0,7mm aplikasi penggunaannya untuk …. Jawaban Peserta...