R P P
Sekolah :
Kelas / Semester : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Waktu :
2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1.
Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengukur besaran fisika (
panjang, massa, dan waktu).
Indikator
1.
Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan
waktu dengan beberapa jenis alat ukur.
2.
Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan
mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menganalisis
besaran dan satuan dalam fisika.
2. Melakukan
analisis dimensi terhadap besaran-besaran fisika.
3. Membedakan
antara besaran pokok dan besaran turunan.
4. Menerapkan
konsep besaran dan satuan dalam perhitungan fisika.
5. Mendeskripsikan
pengukuran dalam fisika.
6. Melakukan
pengukuran secara langsung terhadap besaran panjang, massa, dan waktu.
7. Melakukan
pengukuran terhadap besaran turunan secara langsung dan tidak langsung.
8. Menganalisis
ketidakpastian dalam suatu proses pengukuran.
B. Materi Pembelajaran
Pengukuran Panjang,
Massa, dan Waktu
C. Metode Pembelajaran
1.
Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode :
- Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Ceramah
D. Langkah-langkah
Kegiatan
a.
Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi
dan Apersepsi:
-
Apakah panjang tergolong besaran pokok atau besaran turunan?
-
Apakah manfaat satuan dalam pengukuran yang kita lakukan?
l
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan besaran pokok?
-
Apakah yang dimaksud dengan satuan Sistem Internasional (SI)?
b. Kegiatan Inti
l Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l
Peserta didik (dibimbing oleh
guru) mendiskusikan pengertian besaran.
l
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan.
l
Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk menyebutkan contoh besaran pokok dan besaran turunan.
l
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l
Guru menanggapi hasil diskusi
kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l
Peserta didik (dibimbing oleh
guru) mendiskusikan pengertian pengukuran.
l
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai pentingnya penggunaan satuan Sistem Internasional (SI)
dalam pengukuran.
l
Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa
besaran pokok.
l
Peserta didik memperhatikan
penjelasan mengenai nilai satuan standar untuk besaran-besaran pokok yang
disampaikan oleh guru.
l
Peserta didik secara berkelompok
mendiskusikan satuan Sistem Internasional untuk besaran turunan.
l
Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa
besaran turunan.
l
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
l Peserta
didik memperhatikan penggunaan awalan-awalan satuan yang dibakukan dalam fisika
yang disampaikan oleh guru.
l Guru
menjelaskan kegunaan analisis dimensi dan memberikan contoh dimensi dari
beberapa besaran fisika.
l Peserta
didik diminta untuk menuliskan lima contoh analisis dimensi dari besaran
turunan.
l Guru
memeriksa penulisan analisis dimensi dari besaran turunan yang dilakukan
peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru
dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA
b. Lembar kerja
c. Alat dan bahan praktikum
F.
Penilaian Hasil Belajar
a.
Teknik Penilaian:
- Tes
unjuk kerja
- Tes
tertulis
b.
Bentuk Instrumen:
- Uji
petik kerja produk
- PG
-
Uraian
c. Contoh Instrumen:
- Contoh uji petik kerja produk
Isilah tabel berikut dengan mengamati
skala pada beberapa alat-alat ukur panjang. Tentukan nst serta ketidakpastiannya.
No
|
Alat ukur panjang
|
nst
|
ketidakpastian
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
- Contoh tes PG
Pasangan
besaran dan satuan yang berdasarkan satuan Sistem Internasional adalah ....
a. waktu, menit
b. panjang, inci
c. massa, kilogram
d. suhu, celcius
e. jumlah zat, candela
- Contoh tes uraian
Apa
yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin?
Semarang,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar