Minggu, 27 Februari 2011

UN Fisika SMA/MA/SMK 2011


 
UN Fisika SMA/MA/SMK 2011
 
1.     Ketebalan sebuah buku diukur menggunakan jangka sorong. Hasil pengukuran seperti ditunjukkan pada gambar di bawah!
Tebal buku adalah ... .
A.    0,76 cm
B.    0,80 cm
C.    0,86 cm
D.    1,10 cm
E.     1,75 cm

2.     Panjang dan lebar sebuah plat berturut-turut adalah 5,63 cm dan 0,80 cm. Luas plat tersebut menurut atura penulisan angka penting adalah ... .
A.    4,5 cm2
B.    4,50 cm2
C.    4,504 cm2
D.    4,5040 cm2
E.     5 cm2

3.     Vektor A, B, dan C setitik tangkap masing-masing panjangnya 5 cm, seperti gambar di bawah. Resultan ketiganya adalah ... .
A.    0
B.    5 cm
C.    10 cm
D.    15 cm
E.     20 cm

4.     Dalam waktu 4 sekon, kecepatan sebuah benda berubah menjadi 18 m/s. Jika benda tersebut berpindah sejauh 200 m dalam selang waktu 10 sekon, maka kecepatan awal benda adalah … .
A.    2,5 m/s
B.    5 m/s
C.    10 m/s
D.    15 m/s
E.     20 m/s

5.     Sebuah benda bergerak melingkar beraturan dengan jari-jari 6 meter. Jika dalam waktu 2 menit benda itu melakukan 16 kali putaran, maka kecepatan anguler benda tersebut adalah … .
A.    10 π rad/s
B.    15 π rad/s
C.    20 π rad/s
D.    25 π rad/s
E.     30 π rad/s
6.     Di dalam sebuah lift ditempatkan sebuah timbangan badan. Saat lift dalam keadaan diam seseorang menimbang badannya, diperoleh bahwa berat orang tersebut 500 N. Jika lift bergerak ke atas dengan percepatan tetap 5 m/s2 , percepatan gravitasi g = 10 m/s2, maka berat orang tersebut menjadi … .
A.    100 N
B.    250 N
C.    400 N
D.    500 N
E.     750 N

7.     Bila perbandingan jari-jari sebuah planet dan jari-jari bumi adalah 2 : 1, sedangkan massa planet dan massa bumi adalah 10 : 1, maka orang yang memiliki berat di bumi 100 N, di planet menjadi … .
A.    100 N
B.    200 N
C.    250 N
D.    400 N
E.     500 N

8.     Suatu plat datar homogen terbentuk sepeeti gambar. Sisi AB = BC yaitu 90 cm, sedangkan panjang OE = 45 cm. Letak titik berat plat tersebut terhadap AB adalah … .
A.    25 cm
B.    30 cm
C.    35 cm
D.    40 cm
E.     45 cm

9.     Sebuah katrol bermassa 2 kg ( I = ½ mR2 ) diberi beban 1 kg. Jika g = 10 m/s2, maka percepatan gerak turunnya beban adalah … .

A.    15 m/s2
B.    10 m/s2
C.    7,5 m/s2
D.    5 m/s2
E.     2,5 m/s2

10.  Batu bermassa  200 gram jatuh bebas dari ketinggian 5 meter di atas tanah. Jika gesekan udara diabaikan ( g = 10 m/s2 ), maka energi kinetik batu saat sampai di tanah adalah … .
A.    10 joule
B.    20 joule
C.    50 joule
D.    100 joule
E.     200 joule

11.  Tiga buah pegas identik msing-masing dengan konstanta pegas 900 N/m disusun seperti tampak pada gambar. Percepatan gravitasi bumi 10 m/s2, maka akibat beban m pegas memiliki energi potensial sebesar … .
A.    1,5 joule
B.    3,0 joule
C.    6,0 joule
D.    9,0 joule
E.     12,0 joule



12.  Sebuah benda dengan massa 1 kg dilempar vertikal ke atas dengan kecepatan awal 40 m/s. Jika g = 10 m/s2, besarnya energi kinetik benda saat ketinggian benda 20 meter adalah … .
A.    300 joule
B.    400 joule
C.    500 joule
D.    600 joule
E.     700 joule

13.  Bola A yang masanya 10 kg dan bergerak dengan kecepatan 5 m/s bertumbukan dengan bola B yang massanya 20 kg dan datang dari arah berlawanan dengan kecepatan 7 m/s. Jika koefisien restitusi  0,5, maka kecepatan masing-masing bola setelah tumbukan adalah … .
A.    Va’ = - 7 m/s dan Vb’ = -1 m/s
B.    Va’ = - 7 m/s dan Vb’ = 1 m/s
C.    Va’ =  7 m/s dan Vb’ = -1 m/s
D.    Va’ =  7 m/s dan Vb’ = 1 m/s
E.     Va’ = 1 m/s dan Vb’ = 7 m/s

14.  20 gram es bersuhu -10 oC dimasukkan ke dalam 60 gram air bersuhu 80 oC, kalor jenis air 1 kal/gr oC, kalor jenis es 0,5 kal/gr oC, kalor lebur es 80 kal/gr. Suhu akhir campuran air dan es adalah … .
A.    24,75 oC
B.    26,25 oC
C.    28,75 oC
D.    30,25 oC
E.     38,75 oC

15.  Dua benda hitam yang sejenis masing-masing bersuhu 327 oC dan 27 oC. Jika kedua benda tersebut memancarkan energi dalam bentuk radiasi, maka perbandingan jumlah energi per detik yang dipancarkan adalah … .
A.    1 : 4
B.    4 : 1
C.    16 : 1
D.    18 : 1
E.     8 : 3

16.  Pesawat terbang dapat mengangkasa karena … .
A.    gaya angkat mesin pesawat
B.    perbedaan kecepatan aliran udara di depan dengan di belakang sayap pesawat
C.    perbedaan kecepatan aliran udara di atas dengan di bawah pesawat terbang
D.    perubahan momentum pesawat terbang
E.     berat udara yang dipindahkan lebih besar daripada berat pesawat terbang

17.  Gambar di bawah adalah pipa horisontal berisi zat cair yang mengalir memiliki dua luas penampang yang berbeda. Jika A1= 1,5 A2 dan v1= 2 m/s, maka besar v2 adalah … .
A.    1,5 m/s
B.    2,0 m/s
C.    2,5 m/s
D.    3,0 m/s
E.     4,5 m/s

18.  Suatu gas ideal tekanannya 30 Pa, volumenya 1,38 liter dan suhunya 27 oC. Jika tetapan Boltzman = 1,38 . 10-23 J/K, maka jumlah partikel gas tersebut ialah … .
A.    1014
B.    1019
C.    1020
D.    1022
E.     1024

19.  Jika suhu mutlak suatu gas ideal dinaikkan menjadi 9 kali semula, maka kecepatan gerak partikelnya menjadi … .
A.    9 kali
B.    6 kali
C.    3 kali
D.    1,5 kali
E.     1/9 kali

20.  Suatu mesin Carnot yang bekerja pada suhu 27 oC dan 227 oC digunakan untuk memutar generator yang menghasilkan tegangan output 200 volt. Jika setiap detik mesin carnot tersebut menyerap kalor 500 k joule, maka daya maksimum outputnya adalah … .
A.    1 kW
B.    1,5 kW
C.    2 kW
D.    2,2 kW
E.     4 kW

21.  Sebuah mikroskop memiliki lensa obyektif dengan fokus 1,8 cm dan lensa okuler dengan fokus 4 cm. Jika jarak antara lensa obyektif dan okuler adalah 22 cm, maka untuk pengamatan benda tanpa berakomodasi, benda harus diletakkan di depan lensa obyektif sejauh … .
A.    0,5 cm
B.    1 cm
C.    2 cm
D.    4 cm
E.     6 cm

22.  Urutan gelombang elektromagnetik berikut ini mulai frekuensi rendah ke tinggi adalah … .
sinar gamma, sinar x, cahaya hijau, cahaya biru.
A.    Sinar X, sinar γ, sinar ultra violet
B.    Sinar γ, sinar X, sinar ultra violet
C.    Sinar ultra violet, sinar X, sinar γ
D.    Sinar γ, sinar ultra violet, sinar X
E.     Sinar X, sinar ultra violet, sinar γ

23.  Sebuah gelombang berjalan memiliki frekuensi 2 Hz, merambat dengan kecepatan 10 cm/s dan amplitudo 4 cm. Jika x dan y dalam satuan cm, maka persamaan gelombangnya adalah … .
A.    y = 4 sin π(4t – 0,4x)
B.    y = 4 sin 2π(4t – 0,4x)
C.    y = 4 sin 2π(t – 0,2x)
D.    y = 8 sin π(2t – 0,2x)
E.     y = 8 sin 2π(4t – 0,2x)

24.  Cahaya merah dengan panjang gelombang 640 nm disorotkan pada dua celah sempit, sejajar yang berjarak 1 mm. Jarak antara terang pusat dan garis gelap ke tiga yang terjadi pada layar sejauh 1 m dari celah adalah … .
A.    1,29 . 10-3 m
B.    1,45 . 10-3 m
C.    1,60 . 10-3 m
D.    1,93 . 10-3 m
E.     2,25 . 10-3 m

25.  Taraf intensitas bunyi di suatu tempat yang berjarak 5 m dari sumber bunyi sebesar 70 dB. Taraf intensitas bunyi di tempat yang berjarak 0,5 m dari sumber bunyi adalah … .
A.    9 dB
B.    80 dB
C.    90 dB
D.    100 dB
E.     110 dB

26.  Seorang yang berdiri di tepi jalan mendengar sirine ambulance dengan frekuensi 680 Hz. Cepat rambat bunyi di udara 340 m/s, sedangkan frekuensi sirine 640 Hz. Kecepatan ambulance adalah … .
A.    10 m/s
B.    15 m/s
C.    20 m/s
D.    25 m/s
E.     30 m/s

27.  Dua muatan listrik yang berada dalam media dengan permitivitas relatif = 5, menghasilkan gaya coulomb menjadi sebesar 15 N. Jika bahan media tersebut dihilangkan, besarnya gaya coulomb menjadi … .
A.    75 N
B.    20 N
C.    15 N
D.    10 N
E.     3 N

28.  Dua   buah  muatan  masing-masing  q1=1 μC dan q2 = 4 μC terletak pada jarak 60 cm. Seperti pada gambar di bawah! Jarak titik yang memiliki kuat medan listrik nol terhadap q1adalah ... .


A.    20 cm di kiri
B.    20 cm di kanan
C.    40 cm di kiri
D.    40 cm di kanan
E.     30 cm di kiri

29.  Pada kapasitor keping sejajar, kapasitasnya … .
A.    tidak ditentukan oleh bahan dielektrik penyekatnya
B.    sebanding dengan luas dan jarak antar keping
C.    sebanding dengan potensial listriknya
D.    sebanding dengan potensial listrik dan banyak muatan
E.     sebanding dengan luas keping dan berbanding terbalik dengan jarak antar keping

30.  Perhatikan gambar di bawah. Beda potensial antara A dan B adalah … .
A.    0,6 volt
B.    1,2 volt
C.    2,4 volt
D.    3,0 volt
E.     3,6 volt

31.  Suatu kawat dilengkungkan seperti pada gambar di bawah. Induksi magnetik di titik P apabila jari-jari lingkaran 4 cm adalah … .
A.    2,5π x 10–5 T
B.    1,25π x 10–5 T
C.    π/2 x 10–5 T
D.    π/4 x 10–5 T
E.     π/8 x 10-5 T

32.  Sebuah elektron bergerak dengan kecepatan v sejajar kawat berarus  I seperti tampak pada gambar di bawah. Arah gaya magnet pada elektron adalah … .
A.    Searah dengan gerak elektron
B.    Berlawanan dengan gerakan elektron
C.    Tegak lurus menuju kawat penghantar
D.    Tegak lurus menjauhi kawat penghantar
E.     Tegak lurus masuk bidang gambar

33.  Sebuah kumparan terdiri dari 2000 lilitan berada dalam medan magnetik. Jika dalam kumparan terjadi perubahan fluks magnetik dari 4 x 10-3 weber menjadi 6 x 10-3 weber dalam waktu 0,1 sekon, maka besar GGL induksi yang timbul pada ujung-ujung kumparan adalah … .
A.    20 volt
B.    30 volt
C.    40 volt
D.    50 volt
E.     60 volt

34.  Rangkaian R-L-C seri memiliki impedansi minimum. Jika R = 100 Ω; L = 0,1 H; C = 1/1000π2 F, maka frekuensi tegangan bolak-balik yang terpasang adalah … .
A.    10 Hz
B.    25 Hz
C.    50 Hz
D.    100 Hz
E.     150 Hz
35.  Sebuah elektron yang memiliki massa diam mo bergerak dengan kecepatan 0,6c, maka energi kinetiknya adalah … .
A.    0,25 mo.c2
B.    0,36 mo.c2
C.    mo.c2
D.    1,80 mo.c2
E.     2,80 mo.c2

36.  Berikut ini beberapa kesamaan antara model atom Rutherford dan model atom Bohr, kecuali … .
A.    Elektron berputar mengelilingi inti dengan membebaskan sejumlah energi
B.    Elektron merupakan bagian atom yang bermuatan negatif
C.    Atom berbentuk bola kosong dengan inti berada di tengah
D.    Secara keseluruhan atom bersifat netral
E.     massa atom terpusat pada inti atom

37.  Perhatikan pernyataan berikut :
1)    Berbanding lurus dengan lama waktu pemancaran
2)    Berbanding lurus dengan pangkat empat suhu mutlaknya
3)    Berbanding terbalik dengan luas penampang benda
4)    Berbanding terbalik dengan intensitas radiasi
Pernyataan yang berhubungan dengan energi radiasi kalor adalah … .
A.    (1) dan (2)
B.    (1) dan (3)
C.    (2) dan (4)
D.    (1), (2), dan (4)
E.     hanya (4)

38.  Energi elektron yang dipancarkan oleh permukaan yang sensitif terhadap cahaya akan meningkat jika cahaya datang yang menumbuk permukaan … .
A.    Intensitasnya diperbesar
B.    Amplitudonya diperbesar
C.    Panjang gelombangnya diperpendek
D.    Frekuensinya diperkecil
E.     Sudut datangnya diperbesar

39.  Massa neutron, proton, dan partikel alfa masing-masing 1,008 sma, 1,007 sma, dan 4,002 sma. Jika 1 sma = 931 MeV, maka energi ikat partikel alfa adalah … .
A.    0,931 MeV
B.    24,206 MeV
C.    26,068 MeV
D.    27,930 MeV
E.     30,965 MeV

40.  Suatu unsur radioaktif meluruh dan tinggal 25% jumlah semula setelah 20 menit. Jika mula-mula massa unsur tersebut 120 gram, maka setelah setengah jam meluruh massa unsur yang belum meluruh tinggal … .
A.    60 gram
B.    40 gram
C.    30 gram
D.    15 gram
E.     10 gram

Tidak ada komentar:

Go to Scribd

Go to Facebook

Belajar Fisika

Materi fisika SMA/MA/SMK sebenarnya merupakan pendalaman dan perluasan materi fisika SMP dengan analisa yang lebih mendalam. Belajar fisika tetap memerlukan matematika. Matematika hanyalah sebagai alat bantu. Ibarat fisika adalah seorang penari balet yang menari di alam semesta sepanjang jagad makro sampai jagad mikro, maka matematika adalah pakaian yag dikenakan penari itu. Oleh karena itu langkah awal adalah menguasai konsep dasar fisika. Konsep-konsep fisika tersusun sederhana yang mana satu sama lain konsep membentuk jalinan yang utuh sehingga mampu menjelaskan setiap fenomena alam. Dengan konsep dasar yang baik, persoalan matematika tidak menjadi halangan bagi siswa untuk mengetahui dan memahami materi fisika.

Di tingkat SMA/MA/SMK dimana tingkat perkembangan mental siswa masih berada pada fase transisi dari konkrit ke formal, pembelajaran sains akan memudahkan siswa bila dikemas dalam berbagai metode pembelajaran seperti demonstrasi, percobaan, problem solving, proyek dan berbagai pengalaman ‘berbuat langsung’ siswa dalam belajar sehingga mampu merumuskan konsep secara induksi berdasar fakta-fakta empiris di lapangan. Para guru dan pembimbing diharapkan pandai-pandai mengemas proses transfering konsep-konsep fisika ke dalam tujuan itu.

Para guru diharapkan dapat memastikan percobaan-percobaan dan latihan-latihan dapat dilaksanakan atau dikerjakan oleh siswa. Blok ini semoga membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi para siswa dan guru-guru sains pada umumnya dan guru Fisika pada khususnya.

aku belajar dari matahari bagaimana untuk menyentuhmu dengan cahaya itu
aku belajar dari bintang-bintang bagaimana membahagiakanmu dalam gelap itu
aku belajar dari hujan bagaimana menyejukkan jiwamu dengan suara dan rintih itu
aku belajar dari awan bagaimana meneduhkan dengan redup dan senyap itu
aku belajar dari angin bagaimana mendatangimu dengan nyaman dan sunyi itu
aku belajar dari cinta bagaimana menyayangimu dengan jiwa dan ragaku

Pristiadi Utomo

Penulis buku Fisika Interaktif ini lahir di Rembang kota pesisir utara bagian paling timur di Propinsi Jawa Tengah. Pada tahun 1979 dia menyelesaikan sekolah dasar di SD Negeri Kutoharjo III Rembang. Pada saat itu dia terpilih sebagai pelajar teladan tingkat kabupaten, dan mewakili Kabupaten Rembang mengikuti seleksi pelajar teladan SD se-propinsi Jawa Tengah tahun 1978 di Semarang. Kemudian dia melanjutkan pendidikan di SMP Negeri II Rembang lulus pada tahun 1982. Juara III diperoleh pada saat pengumuman kelulusan SMP. Tingkat SMA ditempuh di SMA Negeri II Rembang masuk jurusan IPA dan lulus tahun 1985. Sejak kelas I sampai kelas III SMA dia menjadi tim inti cerdas cermat sekolah materi P4 dan langganan juara I, hingga selalu mewakili Kabupaten Rembang sampai tingkat karesidenan Pati. Di SMA aktif dalam OSIS di seksi ilmiah, mengampu majalah dinding sekolah. Dia diterima di PMDK IPB jurusan Teknologi Alat Pertanian dan lolos Sipenmaru di IKIP Negeri Semarang jurusan Fisika. Akhirnya dia memilih menekuni Pendidikan Fisika hingga lulus tahun 1990. Semenjak mahasiswa tingkat II dia sudah aktif mengajar Fisika di SMA dan SMP swasta di Kota Semarang, serta aktif menjadi tentor Fisika di Bimbingan Belajar Primagama. Begitu lulus dia diterima menjadi guru tetap Fisika di SMA Karangturi Semarang sampai tahun 1995. Kemudian meniti karir sebagai PNS di SMA Negeri 1 Kabupaten Purbalingga hingga tahun 2005. Pada tahun 2002 mengadakan penelitian kependidikan tingkat Kabupaten Purbalingga. Pada tahun 2004 meraih juara I pengelola Perpustakaan tingkat nasional di Jakarta. Awal tahun 2006 dia berpindah tugas di Kota Semarang sebagai guru FIsika di SMK Negeri 11 Semarang, serta menjadi pengasuh tetap Majalah Sekolah Gradasi pada rubrik Fast Solution. Dia menyelesaikan pasca sarjana (S2) di jurusan Fisika UNNES Semarang pada tahun 2007. Pada tahun itu pula buku Fisika Interaktif yang ditulisnya lolos seleksi Pusat Perbukuan dan diterbitkan oleh Penerbit Ganeca Exact – Azka Press, Jakarta.

Materi Fisika

Materi Fisika
Dapat download materi pelajaran fisika untuk SMP - SMK - SMA / MA karya Pristiadi Utomo. Klik aja foto berjenggot ini...

Aturan Angka Penting

a. Semua angka bukan nol adalah angka penting

Contoh: 141,5 m memiliki 4 angka penting

27,3 gr memiliki 3 angka penting

b. Semua angka nol yang terletak di antara angka-angka bukan nol termasuk angka penting.

Contoh: 340,41 kg memiliki 5 angka penting

5,007 m memiliki 4 angka penting

c. Semua angka nol di sebelah kanan angka bukan nol tanpa desimal tidak termasuk angka penting, kecuali diberi tanda khusus garis mendatar atas atau bawah termasuk angka penting

Contoh: 53000 kg memiliki 2 angka penting

530000 kg memiliki 5 angka penting

d. Semua angka nol di sebelah kiri angka bukan nol tidak termasuk angka penting.

Contoh: 0,00053 kg memiliki 2 angka penting

0,000703 kg memiliki 3 angka penting

e. Semua angka nol di belakang angka bukan nol yang terakhir tetapi dibelakang tanda desimal adalah angka penting.

Contoh: 7,0500 m memiliki 5 angka penting

70,500 m memiliki 5 angka penting

f. Untuk penulisan notasi ilmiah. Misalnya 2,5 x 103 , dimana 103 disebut orde. Sedangkan 2,5 merupakan mantis. Jumlah angka penting dilihat dari mantisnya dalam hal ini memiliki 2 angka penting.

Contoh lain 2,34 x 102 memiliki3 angka penting

Pembulatan Bilangan Penting.

Bilangan dibulatkan sampai mengandung sejumlah angka penting yang diinginkan dengan menghilangkan satu atau lebih angka di sebelah kanan tanda koma desimal.

a Bila angka itu lebih besar daripada 5, maka angka terakhir yang dipertahankan harus dinaikkan 1.

Contoh: 34,46 dibulatkan menjadi 34,5

b. Bila angka itu lebih kecil daripada 5, maka angka terakhir yang dipertahankan tidak berubah.

Contoh: 34,64 dibulatkan menjadi 34,6

c. Bila angka itu tepat 5, maka angka terakhir yang dipertahankan harus dinaikkan 1 jika angka itu tadinya angka ganjil, dan tidak berubah jika angka terakhir yang dipertahankan itu tadinya angka genap.

Contoh: 34,75 dibulatkan menjadi 34,8

34,65 dibulatkan menjadi 34,6

Sekilas Tabiat Mulia Rasulullah

1. Beliau biasanya memaafkan musuh dan para sahabat-sahabatnya yang menyakitinya. Di perang Uhud beliau berdoa untuk kaum kafir yang menyebabkan mulutnya berdarah
“Ya Allah maafkan mereka yang tidak tahu”

2. Beliau sangat penyantun. Beliau biasa memberi minum hewan piaraanya dengan ember dan menunggunya hingga selesai. Beliau membersihkan wajah dan mata kuda tungganganya.

3. Ketika dipanggil, beliau menjawab dengan berkata “labaik” (ya!)
Beliau tidak pernah melangkahi orang lain. Beliau biasa duduk di kedua kakinya. Ketika menunggang hewan dan melihat ada orang yang berjalan, beliau mengajak orang itu menumpang di hewan tunggangannya.

4. Beliau tidak memandang dirinya memiliki kelebihan dibanding lainnya. Ketika sedang berada dalam sebuah perjalanan bersama sahabat-sahabatnya mereka bermaksud memasak seekor kambing. Salah seorang di antara mereka memberikan kambingnya. Ada yang menawarkan diri mengulitinya. Ada yang menawarkan sebagai juru masak. Rasulullah SAW kemudian menawarkan dirinya mencari kayu bakar. Para sahabat
berkata “Ya Rasulullah Anda duduk sajalah. Kami yang akan mencari kayunya.”
Beliau menjawab “ya! saya tahu Anda semua siap melakukannya. Tetapi saya tidak ingin duduk-duduk saja sementara yang lain bekerja. Allah tidak suka kalau ada yang duduk-duduk saja sedang yang lain bekerja. ” Beliau lalu berdiri dan pergi mencari kayu bakar.

5. Ketika beliau mengunjungi sahabat-sahabatnya beliau tidak selalu duduk di bagian depan. Beliau mencari tempat yang kosong. Ketika beliau datang, sahabat-sahabatnya cepat-cepat berdiri. Beliau berujar “janganlah kalian berdiri untuk menghormatiku bersikaplah biasa seperti ketika kalian kedatangan orang lain. Saya seperti orang lain. Saya makan seperti yang lainnya. Sayapun duduk kalau lelah.”

6. Seringkali nabi duduk di kedua lututnya. Beliau juga pernah berdiri menggunakan lututnya ketika memeluk menyambut sahabat-sahabatnya. Beliau tidak pernah membedakan makanan untuknya dan para pembantunya, demikian juga dalam hal berpakaian. Beliau sering membantu pelayannya menyelesaikan pekerjaan. Beliau tidak pernah menyumpahi atau menyakiti orang lain. Anas bin Malik, yang setia melayaninya berkata, “aku menjadi pelayan Rasulullah selama 10 tahun. Beliau membantuku lebih sering dibanding aku membantunya. Beliau tidak pernah memarahiku. Beliau tidak pernah berkata kasar kepadaku.”

7. Beliau suka menambal sendiri pakaiannya yang sobek, memerah susu kambingnya, dan memberi minum hewan piaraannya. Beliau sering membawa barang-barang belanjaan sendiri ke rumahnya. Dalam perjalanan, beliau sering memberi makan hewan tunggangannya. Kadang-kadang beliau melakukannya sendiri dan kadang-kadang dilakukan oleh pelayannya.

8. Ketika beliau dipanggil dengan sebutan pelayan oleh seorang pelayan, sebuah kebiasaan di Madinah, beliau lalu berjalan dengan pelayan itu beriringan.

9. Beliau sering mengunjungi orang yang sakit dan menghadiri pemakamannya. Untuk menggembirakan hati si sakit, beliau mengunjunginya meskipun si sakit kafir atau munafik.

10. Setelah beliau melaksanakan sholat subuh di Masjid, beliau menghampiri para sahabatnya sambil berkata: “Adakah yang sakit? Bila ada mari kita mengunjunginya.” Kemudian beliau juga berkata:”adakah yang meninggal? Bila ada mari kita membantunya.”Kemudian beliau sering juga berkata:”adakah di antara kalian yang bermimpi sesuatu? Bila ada mari kita tafsirkan mimpinya.” Bila ada yang meninggal beliau membantu menyiapkan pemakamnnya dan menyolatkannya serta menghadiri pemakamannya.

11. Ketika beliau tidak melihat sahabat-sahabatnya selama tiga hari beliau akan menanyakannya. Bila sahabatnya itu sedang bepergian beliau mendoakannya, atau bila sahabatnya ada dikotanya beliau akan mengunjunginya.

12. Beliau selalu mendahului menyambut orang lain yang dijumpainya.

13. Beliau suka mengendarai unta, keledai, dan kadang-kadang mengajak orang lain menunggang bersamanya.

14. Beliau suka melayani tamunya dan para sahabatnya dan beliau menyatakan:
“orang yang paling dekat dengan masyaraktnya adalah orang yang selalu melayani orang lain.”

15. Tidak seorang pun pernah menyaksikan beliau tertawa terbahak-bahak. Beliau suka tersenyum kecil. Kadang-kadang gigi depannya tampak ketika beliau tertawa.

16. Beliau selalu tampak hati-hati dan cermat. Beliau suka berbicara pelan-pelan. Beliau biasa memulai pembicaraan dengan senyum.

17. Beliau tidak pernah berbicara yang mubazir atau tanpa keperluan. Bila beliau memerlukan sesuatu beliau akan berbicara dengan singkat dan jelas. Terkadang beliau mengulangi pembicaraan sampai tiga kali agar bisa dipahami.


Kasih Sayang

Suatu ketika, ada seorang wanita karir yang kembali pulang ke rumah, dan ia melihat ada 3 orang pria berjanggut yang duduk di halaman depan. Wanita itu tidak mengenal mereka semua. Wanita itu berkata: "Aku tidak mengenal Anda, tapi aku yakin Anda semua pasti sedang lapar. Mari masuk ke dalam, aku pasti punya sesuatu untuk mengganjal perut". Pria berjanggut itu lalu balik bertanya, "Apakah suamimu sudah pulang?"

Wanita itu menjawab, "Belum, dia sedang keluar". "Oh kalau begitu, kami tak ingin masuk. Kami akan menunggu sampai suami mu kembali", kata pria itu.

Di waktu senja, saat keluarga itu berkumpul, sang isteri menceritakan semua kejadian tadi. Sang suami, awalnya bingung dengan kejadian ini, lalu ia berkata pada istrinya, "Sampaikan pada mereka, aku telah kembali, dan mereka semua boleh masuk untuk menikmati makan malam ini".

Wanita itu kemudian keluar dan mengundang mereka untuk masuk ke dalam. "Maaf, kami semua tak bisa masuk bersama-sama", kata pria itu hampir bersamaan. "Lho, kenapa? tanya wanita itu karena merasa heran. Salah seseorang pria itu berkata, "Nama dia Kekayaan," katanya sambil menunjuk seorang pria berjanggut di sebelahnya, "sedangkan yang ini bernama Kesuksesan, sambil memegang bahu pria berjanggut lainnya. Sedangkan aku sendiri bernama Kasih-sayang. Sekarang, coba tanya kepada suamimu, siapa diantara kami yang boleh masuk ke rumahmu."

Wanita itu kembali masuk ke dalam, dan memberitahu pesan pria di luar. Suaminya pun merasa heran. "Ohho...menyenangkan sekali. Baiklah, kalau begitu, coba kamu ajak si Kekayaan masuk ke dalam. Aku ingin rumah ini penuh dengan Kekayaan." Istrinya tak setuju dengan pilihan itu. Ia bertanya, "sayangku, kenapa kita tak mengundang si Kesuksesan saja? Sebab sepertinya kita perlu dia untuk membantu keberhasilan panen ladang pertanian kita."

Ternyata, anak mereka mendengarkan percakapan itu. Ia pun ikut mengusulkan siapa yang akan masuk ke dalam rumah. "Bukankah lebih baik jika kita mengajak si Kasih-sayang yang masuk ke dalam? Rumah kita ini akan nyaman dan penuh dengan kehangatan Kasih-sayang." Suami-istri itu setuju dengan pilihan buah hati mereka. "Baiklah, ajak masuk si Kasih-sayang ini ke dalam. Dan malam ini, Si Kasih-sayang menjadi teman santap malam kita."

Wanita itu kembali ke luar, dan bertanya kepada 3 pria itu. "Siapa diantara Anda yang bernama Kasih-sayang? Ayo, silahkan masuk, Anda menjadi tamu kita malam ini."

Si Kasih-sayang bangkit, dan berjalan menuju beranda rumah. Ohho..ternyata, kedua pria berjanggut lainnya pun ikut serta. Karena merasa ganjil, wanita itu bertanya kepada si Kekayaan dan si Kesuksesan. "Aku hanya mengundang si Kasih-sayang yang masuk ke dalam, tapi kenapa kamu ikut juga?

Kedua pria yang ditanya itu menjawab bersamaan. "Kalau Anda mengundang si Kekayaan, atau si Kesuksesan, maka yang lainnya akan tinggal di luar. Namun, karena Anda mengundang si Kasih-sayang, maka, kemana pun Kasih-sayang pergi, kami akan ikut selalu bersamanya. Dimana ada Kasih-sayang, maka kekayaan dan Kesuksesan juga akan ikut serta. Sebab, ketahuilah, sebenarnya kami berdua ini buta. Dan hanya si Kasih-sayang yang bisa melihat. Hanya dia yang bisa menunjukkan kita pada jalan kebaikan, kepada jalan yang lurus. Maka, kami butuh bimbingannya saat berjalan. Saat kami menjalani hidup ini."

Mengenai Saya

Foto saya

Lahir di Rembang kota pesisir utara bagian paling timur di Propinsi Jawa Tengah. Pada tahun 1979 menyelesaikan sekolah dasar di SD Negeri Kutoharjo III Rembang. Pada saat itu terpilih sebagai pelajar teladan tingkat kabupaten, dan mewakili Kabupaten Rembang mengikuti seleksi pelajar teladan SD se-propinsi Jawa Tengah tahun 1978 di Semarang. Kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri II Rembang lulus pada tahun 1982. Juara III pada saat pengumuman kelulusan SMP. Tingkat SMA ditempuh di SMA Negeri II Rembang masuk jurusan IPA dan lulus tahun 1985. Sejak kelas I sampai kelas III SMA menjadi tim inti cerdas cermat sekolah materi P4 dan langganan juara I, hingga selalu mewakili Kabupaten Rembang sampai tingkat karesidenan Pati. Di SMA aktif dalam OSIS di seksi ilmiah, mengampu majalah dinding sekolah. Diterima di PMDK IPB jurusan Teknologi Alat Pertanian dan lolos Sipenmaru di IKIP Negeri Semarang jurusan Fisika. Akhirnya memilih menekuni Pendidikan Fisika hingga lulus tahun 1990. Semenjak mahasiswa tingkat II  sudah aktif mengajar Fisika di SMA dan SMP swasta di Kota Semarang, serta aktif menjadi tentor Fisika di Bimbingan Belajar Primagama. Begitu lulus diterima menjadi guru tetap Fisika di SMA Karangturi Semarang sampai tahun 1995. Kemudian meniti karir sebagai PNS di SMA Negeri 1 Kabupaten Purbalingga hingga tahun 2005. Pada tahun 2002 mengadakan penelitian kependidikan tingkat Kabupaten Purbalingga. Pada tahun 2004 meraih juara I pengelola Perpustakaan tingkat nasional di Jakarta. Awal tahun 2006 dia berpindah tugas di Kota Semarang sebagai guru Fisika di SMK Negeri 11 Semarang, serta menjadi pengasuh tetap Fast Solution majalah sekolah Gradasi. Dia menyelesaikan pasca sarjana (S2) di jurusan Fisika UNNES Semarang pada tahun 2007. Pada tahun itu pula buku Fisika Interaktif yang ditulisnya lolos seleksi Pusat Perbukuan dan diterbitkan oleh Penerbit Ganeca Exact – Azka Press, Jakarta. Kemudian menjadi penulis buku teks Fisika pada Penerbit Erlangga. Sementara masih menyelesaikan S3 di UNDIP Semarang.

Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal,

aku bermimpi ingin mengubah dunia.

Seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku,

kudapati bahwa dunia tidak kunjung berubah.

Maka cita-cita itu pun agak kupersempit,

lalu kuputuskan untuk hanya mengubah negeriku.

Namun tampaknya, hasrat itupun tiada hasilnya.

Ketika usiaku semakin senja dengan semangatku yang masih tersisa,

kuputuskan untuk mengubah keluarga,

orang-orang yang paling dekat denganku.
Tetapi celakanya,

merekapun tidak mau diubah!

Dan kini,

sementara aku berbaring saat ajal

menjelang,

tiba-tiba aku sadari :

“andaikan yang pertama-tama kuubah adalah diriku,

Maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan,

mungkin aku bisa mengubah keluargaku.

Lalu berkat inspirasi dan dorongan

mereka,

bisa jadi aku pun mampu memperbaiki

negeriku,

Kemudian siapa tahu aku bahkan bisa mengubah dunia !”

Terukir di sebuah makam di Westminter Abbey, Inggris, 1100 M

Anak

Dan seorang wanita yang mendekap anaknya berkata

Bicaralah pada kami perihal anak-anak

Maka orang bijak itu pun bicara

Putramu bukanlah putramu

Mereka adalah putra-putri kehidupan

Yang mendambakan kehidupan mereka sendiri

Mereka datang melalui kamu tapi tidak dari kamu

Dan sungguhpun bersamamu mereka bukanlah milikmu

Engkau dapat memberikan kasih sayangmu

Tapi tidak pendirianmu

Sebab mereka memiliki pendirian sendiri

Engkau dapat memberikan tempat berpijak bagi raganya

Tapi tidak bagi jiwanya

Lantaran jiwa mereka ada di masa datang

Yang tidak bisa engkau capai sekalipun dalam mimpi

Engkau boleh berusaha mengikuti alam mereka

Tapi jangan mengharap mereka dapat mengikuti alammu

Sebab hidup tidaklah surut ke belakang

Tidak pula tertambat di masa lalu

Engkau adalah busur

Bagi anak panah putra-putrimu melesat ke masa depan

(Gibran)

Dari Lingkungan Hidupnya … Anak-Anak Belajar

Jika anak biasa hidup dicacat dan dicela, kelak ia akan terbiasa menyalahkan orang lain.

Jika anak terbiasa hidup dalam permusuhan, kelak ia akan terbiasa menentang dan melawan.

Jika anak biasa hidup dicekam ketakutan, kelak ia akan terbiasa merasa resah dan cemas.

Jika anak biasa hidup dikasihani, kelak ia akan terbiasa meratapi nasibnya sendiri.

Jika anak biasa hidup diolok-olok, kelak ia akan terbiasa menjadi pemalu.

Jika anak biasa hidup dikelilingi perasaan iri, kelak ia akan terbiasa merasa bersalah.

Jika anak biasa hidup serba dimengerti dan dipahami, kelak ia akan terbiasa menjadi penyabar.

Jika anak biasa hidup diberi semangat dan dorongan, kelak ia akan terbiasa percaya diri.

Jika anak biasa hidup banyak dipuji, kelak ia akan terbiasa menghargai.

Jika anak biasa hidup tanpa banyak dipersalahkan, kelak ia akan terbiasa senang menjadi dirinya sendiri.

Jika anak biasa hidup mendapatkan pengakuan dari kiri kanan, kelak ia akan terbiasa menetapkan sasaran langkahnya.

Jika anak biasa hidup jujur, kelak ia akan terbiasa memilih kebenaran.

Jika anak biasa hidup diperlakukan adil, kelak ia akan terbiasa dengan keadilan.

Jika anak biasa hidup mengenyam rasa aman, kelak ia akan terbiasa percaya diri dan mempercayai orang-orang di sekitarnya.

Jika anak biasa hidup di tengah keramahtamahan, kelak ia akan terbiasa berpendirian : “Sungguh indah dunia ini !”

Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia belajar memaki.

Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, ia belajar berkelahi.

Jika anak dibesarkan dengan cemoohan, ia belajar rendah diri.

Jika anak dibesarkan dengan penghinaan, ia belajar menyesali diri.

Jika anak dibesarkan dengan toleransi, ia belajar menahan diri.

Jika anak dibesarkan dengan dorongan, ia belajar percaya diri.

Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baiknya perlakuan, ia belajar keadilan.

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, ia belajar menemukan cinta dalam kehidupan.

(Dorothy Law Nolte)

Pengetahuan

Di masa Al Kindi sampai Ar Razi, dari Al Biruni sampai Ibnu Sina, dan Al Khawarizmi peradaban Islam menjadi raksasa sains sampai abad pertengahan. Sementara orang-orang Eropa banyak yang masih buta huruf. Tatkala merebut Ankara, Khalifah Harun Al Rasyid (786-809) dan ketika Khalifah Al Ma’mun (814-833) meraih kemenangan atas Kaisar Romawi Timur, Michel II, kedua pemimpin Islam itu tidak menuntut ganti rugi peperangan kecuali penyerahan manuskrip-manuskrip kuno. Di mesir pada abad ke 10, Khalifah Al Aziz memiliki perpustakaan dengan 1.600.000 buku dan 16.000 diantaranya tentang matematika. Sejak Alexander Agung membangun kota Iskandariah, perpustakaan Athena (Yunani) diboyong ke Iskandariah dan diterjemahkan ke bahasa Arab. Peradaban berkembang ke Spanyol (Cordoba), kontak dagang dengan perancis mulailah buku-buku sains Islam banyak diterjemahkan dari bahasa Arab ke Eropa dan diduplikasi hal itu mencerdaskan masyarakat Eropa. Jadi ilmu sains masuk deras ke Eropa di abad pertengahan (Renaisance). Adanya perang salib membawa alkulturasi/pertukaran budaya Islam-Eropa terutama dari Turki. Sejak itu sains eropa berkembang, termasuk pelayaran/ penjelajahan dunia akhirnya kolonialisasi marak. Di Cordoba sejak dioposisi kaum konservatif, krisis ekonomi-politik dan keterasingan. Sains dan saintis pada masa itu sering ditentang dan disudutkan, misalnya dalam kasus pembakaran buku-buku sains dan filsafat di Cordoba. Munculnya macam-macam aliran sufisme, krisis ekonomi, kekacauan politik dan keterasingan umat Islam memiliki sumbangan signifikan pada kejatuhan sains ini. Kehilangan dukungan pilar-pilar ini membuat perjalanan sains Islam menjadi mandeg, bahkan berhenti. Alhamdulillah belakangan mulai dikejar lagi.

Ya Allah

Bismillahir rahmaanir rahiimi.

Segala puji bagi Allah yang telah memerintah kami untuk bersyukur dan berbuat baik kepada ibu dan bapak, dan berwasiat agar kami menyayangi mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidik kami sewaktu kecil.

Ya Allah, sayangilah kedua orang tua kami. Ampuni, rahmati dan ridhoilah mereka.

Ya Allah, ampuni mereka dengan ampunan menyeluruh yang dapat menghapus dosa-dosa mereka yang lampau dan perbuatan buruk yang terus-menerus mereka lakukan.

Ya Allah, berbuat baiklah kepada mereka sebanyak kebaikan mereka kepada kami setelah dilipatgandakan, dan pandanglah mereka dengan pandangan kasih sayang sebagaimana mereka dahulu memandang kami.

Ya Allah, berilah mereka hak rububiyah-Mu yang telah mereka sia-siakan karena sibuk mendidik kami.

Maafkan segala kekurangan mereka dalam mengabdi kepada-Mu karena mengutamakan kami.

Maafkan mereka atas segala shubhat yang mereka jalani dalam usaha untuk menghidupi kami.

Ya Allah, berilah mereka bagian ganjaran dari ketaatan yang Engkau hidayahkan kepada kami, kebaikan yang Engkau mudahkan bagi kami, dan taufik yang telah mendekatkan kami kepada-Mu. Dan jangan bebankan kepada mereka segala dosa dan kesalahan yang kami lakukan dan tanggung jawab yang kami emban. Dan janganlah tambahkan dosa kami ke atas dosa mereka.


Walhamdu lillahi Robbil’Aalamin. Amien.

Blog Saya

Tautan Blog

Listrik Dinamik Kelas 12 PS 5

Video Listrik Statik Karya Siswa

Video Listrik Statik Siswa 12 PS 1 Kelompok 3

Video Listrik Dinamik Kelas 12 PS 3

Generator Van de Graff Mr Bean

Karya Siswa Kelas 12 PS 1 Kelompok 1