Sabtu, 19 Februari 2011

Soal Pilihan Ganda


Tuliskan jawaban pada lembar jawaban yang telah disediakan.
1.      Seorang siswa diminta gurunya mengambil satu liter minyak pelumas dari sebuah drum yang pada labelnya tertulis dentitasnya (rapat massanya) adalah 850kg/m³.Bila ditimbang,massa minyak pelumas yang di ambil siswa tersebut adalah…gr

A 8.5
B85
C.850
D.8500
E.1000
  2. Seorang anak mengunting sehelai kain sehingga berbentuk bujursangkar (persegi).anak itu beberapa kali.dalam praktek pengukuran sesungguhnya,manakah pernyataan yamg paling besar?
            A.Panjang dan Lebar kain itu selalu sama.
            B.panjang selalu sama,tetapi lebar tidak sama
            C.Lebar selalu sama,tetapi panjang tidak sam
            D.panjang dan lebar tidak pernah sama
            E.panjang dan lebar mungkin bervariasi,bisa sama bisa beda
  3. Seorang eksportir udang mengisi penuh sebuah kontener dingin (cold stroge) yang memiliki ukuran 6m x 3m x 2m dengan hasil panen udang yang massa rata – ratanya 200 gr dan es sebagai pengawet.Es mengisi 30% volume yang tersedia.jika rapat massa udang rata-rata adalah 1.1 gr/cm³.Berapa ekor udang yang dapat ditampung kontener itu?
            A.187.300
            B.156.200
            C. 138.600
            D.124.900
            E. 113.400
  4. Dua orang siswa sedang melakukan percobaan.Di hadapan mereka telah tersedia dua buah gelas beker berisi air.Siswa pertama memasukan sebutir kelereng dan melihat ada kenaikan air sebesar h2. Manakah pernyatan yang benar?
            A. h1.> h2.
                        B. h1 < h2.
                        C. h1 = h2.
            D.tidak dapat diambil kesimpulan
`           E. h1 dan h2 > tinggi awal air
  5.Sebuah mobil buatan Amerika serikat meluncur di jalan tol dengan kecepatan 50 mil/jam kecepatan ini setara dengan
            A.50 km/jam
            B. 60 km/jam
            C. 70km/jam
            D. 80 km/jam
            E. 9o km/jam
  6.badan metereologi menemukan bahwa sebuah stasiun pengisian bahan bakar melakukan penyimpangan pelayanan,yaitu 1 liter bensin yang dijual sebenarnya hanya bervolum 0.95 liter.hal mendasar yang disarankan oleh Balai meteorology kepada pemilik stasiun adlah
            A.melakukan kalibrasi terhadap alat ukurnya
            B. mengganti seluruh pompa yang digunakannya
            C. membeli alat ukur baru
            D. menutup pompa bahan bakarnya
            E.menambah volume bensin yang dijualnya
  7.Emas memilki massa jenis 19300 kg/m³.Sepotong emas bervolum 2 cm³ di ambil dari batangan emas murni padat tak berpori.Massa potongan adalah
            A.2 gr
            B. 19.3gr
            C.38.6gr
            D.9.65 gr
            E.193 gr
  8.Suatu ketika sebuah pesawat angkasa mendarat di permukaan Bulan.kemudian sebuah satelit diluncurkan dan mengorbit pada ketinggian 100 km di atas permukaan bulan.percepatan gravitasi pada permukaan bulan adalah 1.52 m/s².Jari –jari bulan adalah 1,7 x 10*m.Apabila satelit tersebut mengorbit lingkstsn.berapakah perioda orbit satelit tersebut?
            A.1.0 x 10³s
            B.6,8 x 10³s
            C.1.1 x 10³s
D. 5.0 x 10³s
E 7.1 x 10³s
  9.Sebuah tangga yang panjangnya berstandar pada dinding tanpa gesekan.Lantai cukup kasar dan koefisien gesek statis antara lantai dan tangga adalah µ. Ketika posisi tangga membentuk sudut α,tangga tepat hamper tergelincir.berapakah sudut α?
            A. tan α = µ/L
B. tan α = 2µ
C. tan α = 1/ 2µ
D. sin α = 1/µ
E.cos α = µ
 10.Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 30 m/s. seratus meter di depan mobil tersebut terdapat rambu peringatan jalan licin.Bila mobil dapat berjalan di jalan tanpa selip dengan kecepatan 10 m/s,maka pengendara mobil harus mengerem dengan percepatan konstan sebesar…m/s².
            A.-20
            B.-8
            C.-4
            D. 15
            E. 20
  11. Seorang pemain golf memukul bola golf  bermassa 50 gr dengan s tik sehingga bola bergerak dengan kelajuan 40 m/s.Bila waktu sentuh antara bola golf dengan stik 0.01 sekon,maka besarnya gaya rata – rata yang dikerjakan stik golf pada bola adalah…newton
            A.2
            B.10
            C. 20
            D.100
            E.200
 12.total gaya yang dihasilkan mesin pesawat boeing 747 adalah sebesar 9,0 x 10* N. Massa maksimum yang diperbolehkan dimilki oleh pesawat jenis ini adalah 3.0 x 10*kg.Selama pesawat lepas landas,besar maksimum percepatan yang mungkin adalah….m/s²
            A.1
            B.3
            C.9.8
            D. 10
            E. 27
 13.Sebuah mobil dan kereta api bergerak bersama- sama melalui lintasan yang sejajar dengan kecepatan konstan 25 m/s. Mobil mengalami perlambatan sebesar 2.5 m/s².hingga berhenti karena lampu lalu lintas menunjukan lampu merah.Setelah berhenti selama 15 sekon, mobil di percepat kembali sebesar 5 m/s².waktu yang di perlukan mobil untuk dapat menyusul kereta setelah mulai berjalan kembali adalah……sekon
            A.10
            B.15
            C.20
            D.25
            E.30
 14.Seorang anak memutar batu bermassa m dengan tali yang panjangnya 2 m.membentuk lingkaran horizontal setinggi 2 m di atas tanah.Tiba – tiba tali putus dan batu terlontar horizontal serta jatuh 10 m dari,asal  batu terlepas.Percepatan sentriprntal batu selama gerak melingkar adalah sebesar….m/s
            A.25
            B.50
            C.75
            D.100
            E.125
 15.Sebuah electron dalam tabung sinar katoda (CRT) dipercepat dari 2x10*m/s sepanjang lintasan 2cm.Lamanya electron bergerak sepanjang lintasan ini adalah….mikrosekon.
            A.0.1
            B.0.4
            C.0.5
            D.1
            E.1.2
 16. Seorang pemain basket yang tingginya 2m memasukan bola ke dalam keranjang yang berjarak horizontal 10m.Bila sudut lemparan.Bola 45º terhadap horizontal dengan tinggi keranjang basket 3 m,maka kecepatan awal,bola harus di lemparkan sehingga bola masuk keranjang berda pada tinggi maksimum adlah sebesar…m/s
            A.5
            B.40
            C.50
            D.7
E. 7.5
 17. Sebuah mobil bergerak dengan kelajuan konstan di atas jalan melingkar dengan jari – jari tertentu.Bila mobil dapat bergerak melingkar dan tidak tergelincir,maka yang menyebabkan mobil tidak tergelincir karena adanya….
            A.gaya normal
            B.gaya berat
            C.gaya gesekan kine tis
            D.gaya sentrifugal
E. gaya gesekan statis
 18. Sebuah disk player dapat memutar compact disk (CD) yang bergerak berdiameter 12cm dengan kelajuan 100 rpm.Bila ada dua titik dalam CD yang masing – masing berjarak 1cm (titik 1)dan2 cm (titik 2) dari poros CD,maka….
            A.Kecepatan sudut titik1,dua kali kecepatam sudut titik 2
            B.Kecepatan Linier titik 1,dua klai kecepatan linier titik 2
`           C.kecepatan sudut titik 1 sama dengan kecepatan sudut titik 2
            D.Kecepatan linier titik 1 sama dengan kecepatan titik 2
            E.kecepatan sudut titik 1 setengah kali kecepatan sudut titik 2
19 . Dua bola sodok A dan B bermassa sama saling bertumbukan. Bola A dari keadaan
      diam ditumbuk oleh bola B yang bergerak dengan kelajuan konstan tertentu.Bila
       tumbukan pertama lenting sempurna,sedangkan tumbukan kedua tidak lenting,maka
                A . kecepatan bola A setelah tumbukan yang kedua tdk lenting
                B . kecepatan bola A setelah tumbukan kedua kali tumbukan pertama
                C . kecepatan bola B setelah tumbukan pertama dua kali tumbukan kedua
                D . kecepatan bola B setelah tumbukan kedua dua kali tumbukan pertama
                E . kecepatan bola A setelah tumbukan pertama sama dengan tumbukan kedua
20 . Dua buah bola dilemparkan mendatar bersamaan dari puncak sebuah gedung yang     tinggi,satu dengan kelajuan Vo dan yang lainnya dengan kelajuan ½vo,maka
              A . bola dengan kelajuan awal vo sampai duluan ke tanah
              B . bola dengan kelajuan awal ½ sampai duluan ke tanah
              C . kedua bola sampai ke tanah dengan posisi sama
            D.  kedua bola sampai bersamaan di tanah
            E.   tidak dapat diketahui tanpa tahu tinggi gedungnya
21. Jarak Jakarta – Bandung adalah 180 km dan dapat ditempuh dengan kereta api Parahyangan selam 3 jam. Jika dari arah yang berlawanan dengan gerak kereta kelajuan rata-rata angina adalah 5 km/jam, maka kelajuan rata-rata kereta api Parahyangan itu adalah
                A. 65 km/jam
                B. 60 km/jam
                C. 55 km/jam
                D. 80 km/jam
                E. 45 km/jam
22. Besar gaya gesekan yang bekerja pada benda yang bergerak pada bidang miring kasar, jika gaya gesekan dengan udara diabaikan , bergantung pada
                A.kecepatan benda dan kekasaran permukaan bidang
                B. massa benda, percepatan benda, dan kekasaran pemukaan bidang
                C. berat benda, kemiringan bidang, percepatan benda, dan kekasaran permukaan
                 bidang
                D. berat benda, kecepatan benda, kekasaran permukaan bidang
                E. berat benda, kemiringan bidang dan kekasaran permukaan bidang
23. Sebuah gigi (gear) berputar secara normal dengan kecepatan 40п rad/s. Karena debu yang menempel pada sumbu putarnya, putaran gigi diperlambat sebesar 4п rad/s² sampai akhirnay gigi berhenti berputar. Berapa jumlah putaran yang dijalani gigi tersebut sebelum akhirnya berhenti?
                A. 50 putaran
                B. 100 putaran
                C. 150 putaran
                D. 200 putaran
                E.  250 putaran




24. Desain pistol mainan menggunakan pegas dengan spesifikasi teknis: pemendekan maksimum pegas 5 cm, massa peluru maksimum 10 gram, kecepatan peluru keluar laras 50 m/s. Agar sesuai dengan spesifikasi tersebut, konstanta bahan pegas yang digunakan besarnya.
                A. 100 N/m
                B. 1000 N/m
                C. 10000 N/m
                D. 5000 N/m
                E. 50 N/m
25. Jari-jari bumi di khatulistiwa 6378 km, sedangkan g = 9,78 m/s². Jika sebuah satelit dengan massa 2x106 kg mengorbit di atas khatulistiwa dengan ketinggian 10 km, maka energi potensial yang dimiliki satelit tersebut adalah…
                A. 195 GJ
                B. 195 MJ
                C. 1,95 GJ
                D. 97,5 GJ
                E. 97,5 MJ
26. Sebuah gaya F bekerja horizontal pada benda yang berada
      pada bidang yang licin dengan sudut kemiringan Ө seperti
      pada gambar di samping. Bila masa benda adalah m dan
      percepatan gravitasi bumi adalah g, maka resultan gaya
      yang bekerja pada benda itu adalah……
A.      F sin Ө + mg cos Ө
B.      F cos Ө - mg sin Ө
C.      F sin Ө - mg cos Ө
D.      F cos Ө + mg sin Ө
E.       F sin Ө - mg sin Ө

27. Sebuah benda yang bergerak dengan kecepatan awal υο di atas permukaan mendatar berhenti setelah menempuh jarak ѕ karena pengaruh gaya gesekan kinetis. Jika koefisien gesekan kinetis adalah μκ dan percepatan gravitasi sama dengan  , besar υο adalah ….
                A.
                B.
                C.
                D.
                E.



28. Perhatikan gambar berikut ini !


        Sebuah benda ditarik oleh truk dan mobil dengan arah yang berlawanan. Jika truk memberikan gaya 16 kN dan mobil memberikan gaya 10 kN, maka besar dan arah resultan gaya yang d alami benda adalah ….
A.      6 kN kearah mobil
B.      6 N kea rah mobil
C.      6 kN kea rah truk
D.      6 N kea rah truk
E.       Tidak bergerak
29. Tiga buah benda, masing-masing bermassa M, dilepaskan secara bersamaan dari atas bidang miring pada ketinggian yang sama H. Benda-benda tersebut adalah
                ¡.  Kubus dengan sisi R
                ¡¡. Silinder pejal beradius R
¡¡¡. Silinder berongga beradius R
Asumsikan silinder bergerak menggelinding sedangkan kubus bergerak translasi tanpa gesekan. Benda mana yang tiba di dasr terlebih dahulu ?
A.      Benda i
B.      Benda ii
C.      Benda iii
D.      Benda i dan ii
E.       Benda ii dan iii
30. Tongkat tak bermasa dengan panjang 2 R dapat berotasi terhadap sumbu fertikal melalui pusat seperti pada gambar. Sistem berotasi dengan kecepatan sudut ω ketika dua masa m berjarak R dari sumbu. Masa – massa tersebut di tarik bersama sama hingga jarak R/ 2 dari pusat oleh gaya berarah sepanjang tongkat. Kecepatan angular system tersebut adalah…
                A. ω / 4
                B. ω / 2
                C. ω
                D. 2 ω
                E. 4 ω
31. Pelur dengan massa 10g di tembakan ke bandul pendulum bermasa 2 kg seperti pada gambar. Peluru berada pada bandul setelah tumbukan. Sistem naik hingga maksimum 20 cm tinggi dari dasar. Kecepatan awal peluru adalah…
                A. 28,0 m/s
                B. 23,8 m/s
                C. 3,98 m/s
                D. 719 m/s
                E. 398 m/s
32. Sebuah silinder dengan momen inersia lo berotasi dengan kecepatan sudut ωo. Silinder ke dua dengan momen inersia /1, semula tidak berotasi di jatuhkan ke silinder pertama dan kedeuanya, memilikin kecepatan angular yang sema ω1. Berapa besar dari ω1 ?
                A.  ω1= ωo
                        B. ω1= ωo lo / l1
                        C. ω1= lo ωo ( lo + l1 )
                D. ω1= ωo l1 / lo
                        E. ω1= ωo ( lo + l1 ) / lo
33. Sebuah partikel bermassa m mengalami osilasi dengan periode T0. Sebuah gaya gesek bekerja pada partikel yang besarnya sebandingn dengan kelajuan partikel, f= - bv. Apabila partikel terus berosilasi, periode geter dari system adalah…
                A. Lebih besar dari T0
                        B. Lebih kecil dari T0
                        C. Tidak bergantung dari b
                D. Sebanding dengan b
                E. berubah secara konstan
34. Bila sebuah benda tenggelam dalam zat cair,hal ini berarti
                A. Beart benda di udara sama dengan berat benda di zat air
                B. Gaya ke atas benda lebih besar dari gaya berat benda
                C. Volume benda sama dengan volume zay cair
                D. Massa jenis benda lebih besar dari massa jenis zat
                E. Tidak ada jawaban yang benar
35. Sebuah benda berbentuk kubus memiliki massa 4 kg.jika massa jenis benda 4000 kg/³m,berapakah panjang rusuk kubus?
        A. 10 cm
        B. 100 cm
        C. 0,1 cm
        D. 0,01 cm
        E. 0,001 cm
36. Balok kayu bervolum 25 cm³ dimasukkan ke dalam air yang bermassa jenis 10³ kg/m³. ternyata bolok kayu tersebut tenggelam 0,8 bagian. Berapa gaya Archimedes yang dialami balok kayu tersebut?
        A. 0,1 N
        B. 0,2 N
        C. 0,4 N
        D. 0,5 N
        E. 0,8 N
37. Suatu kawat yang panjangnya 1,5 meter mempunai luas penampang 2,4 mm². Kawat ini tergantung secara vertical dan teregang 0,32 mm ketika balok 10 kg dikaitkan pada ujung bawahnya. Modulus elastisitas (young) dari kawat tersebut adalah
        A. 1,13 x 10-4 N
        B. 2,13 x 10-4 N
        C. 3,13 x 10-4 N
        D. 4,13 x 10-4 N
        E. 5,13 x 10-4 N
38. Tekanan hidrostatis benda di dalam zat cair tidak ditentukan oleh
        A. massa jenis zat cair
        B. ketinggian benda dalam zat cair
        C. percepatan grafitasi bumi
        D. luas penampang zat cair
        E. tidak ada jawaban yang benar
39. Kalor yang diserap oleh suatu benda untuk menaikkan suhu suatu benda sebanding dengan
        A. massa benda dan suhu awal benda
        B. massa benda dan suhu akhir benda
        C. massa benda dan massa jenis benda
        D. massa jenis benda dan suhu akhir benda
        E. massa jenis benda dan suhu awal benda
40. Pramono melakukan uji coba dengan menuangkan 33 kg air dengan suhu 20ºC ke dalam bejana besi bermassa 300 kg dan bersuhu 90ºC. Bila kalor jenis besi 426 kg/ºC dan kalor jenis air 4200 kg/ºC maka suhu campuran setelah setimbang adalah…K
        A. 313
        B. 318
        C. 323
        D. 328
        E. 333
41. Sebuah mesin uap bekerja pada suhu antara 500ºC dan 270ºC.Berapa efisiensi maksimum yang mungkin dari mesin ini?
        A. 18%
        B. 20%
        C. 25%
        D. 30%
        E. 35%
42. Pada suhu berapakah suatu mesin ideal yang efisiensiya 33% harus menyerap panas, bila mesin tersebut membuang panas pada suhu 250ºC?
        A. 312ºC
        B. 412ºC
        C. 512ºC
        D. 612ºC
        E. 712ºC
43. Besarnya laju perpindahan panas konduksi yang melintasi dinding (tembok) dipengaruhi oleh berapa factor kecuali
        A. Kapasitas panas tembok
        B. konduktifitas termal bahan
        C. Tebal tembok
        D. Gradien suhu antara kedua permukaan
        E. Luas permukaan
44. Sebuah setrika listrik yang memiliki hambatan 5 Ω dialiri arus listrik sebesar 1 A. Berapa kalori panas yang dihasilkan oleh setrika tersebut selama 10 menit?
        A. 7,0 kkal
        B. 7,2 kkal
        C. 7,5 kkal
        D. 8,0 kkal
        E. 5,0 kkal
45. Terdapat 3 buah resistor yang tersusun seperti gambar disamping ini. Beda potensial antara A dan B adalah 12 V.Berapakah besar arus yang mengaliri pada resistor 4 Ω ?
        A. 5 A
        B. 4 A
        C. 3 A
        D. 1,5 A
        E. 0,5 A
46. Sebuah generator didesain untuk membangkitkan GGL induksi. Jika jumlah lilitan N, medan magnet B dan luas penampang lilitan adalah A, maka besarnya GGL yang terjadi
        A. Berbanding lurus dengan B dan berbanding terbalik dengan A
        B. Berbanding lurus dengan B dan berbanding terbalik dengan N
        C. Berbanding lurus dengan B dan N tetapi berbanding terbalik dengan A
        D. berbanding lurus dengan N dan A tetapi berbanding terbalik dengan B
        E. Berbanding lurus dengan N, A dan B
47. Sebuah trafo memiliki effieiensi 75 % Jika trafo tersebut dihubungkan dengan sebuah sumber tegangan 220 V, menghasilkan tegangan 110 V dan arus 2 A, maka besarnya yang masuk pada trafo tersebut adalah
        A. 0,75 A
        B. 0,80 A
        C. 1,0 A
        D. 1,20 A
        E. 1,33 A
48. Terdapat rangkaian listrik arus searah seperti pada gambar disamping ini. Beda potensial pada hambatan 4 Ω adalah
        A. 0,5 V
        B. 1,0 V
        C. 1,5 V
        D. 2,0 V
        E. 2,5 V
49. Empat buah lampu A, B, C, dan D masing-masing berspesifikasi 5 W/15 V dan disusun seperti pada gambar berikut ini, jika lampu C putus, maka lampu yang nyalanya paling terang adalah
        A. A dan B
        B. B
        C. B dan D
        D. D
        E. D dan A
50. Dua buah lampu masing-masing tertulis 60W/120V dan 40W/120V. Jika kedua lampu tersebut dihubungkan seri pada tegangan 120V, maka daya pada kedua lampu tersebut adalah
        A. 100 W
        B. 50 W
        C. 24 W
        D. 20 W
        E. 18 W 

Tidak ada komentar:

Go to Scribd

Go to Facebook

Belajar Fisika

Materi fisika SMA/MA/SMK sebenarnya merupakan pendalaman dan perluasan materi fisika SMP dengan analisa yang lebih mendalam. Belajar fisika tetap memerlukan matematika. Matematika hanyalah sebagai alat bantu. Ibarat fisika adalah seorang penari balet yang menari di alam semesta sepanjang jagad makro sampai jagad mikro, maka matematika adalah pakaian yag dikenakan penari itu. Oleh karena itu langkah awal adalah menguasai konsep dasar fisika. Konsep-konsep fisika tersusun sederhana yang mana satu sama lain konsep membentuk jalinan yang utuh sehingga mampu menjelaskan setiap fenomena alam. Dengan konsep dasar yang baik, persoalan matematika tidak menjadi halangan bagi siswa untuk mengetahui dan memahami materi fisika.

Di tingkat SMA/MA/SMK dimana tingkat perkembangan mental siswa masih berada pada fase transisi dari konkrit ke formal, pembelajaran sains akan memudahkan siswa bila dikemas dalam berbagai metode pembelajaran seperti demonstrasi, percobaan, problem solving, proyek dan berbagai pengalaman ‘berbuat langsung’ siswa dalam belajar sehingga mampu merumuskan konsep secara induksi berdasar fakta-fakta empiris di lapangan. Para guru dan pembimbing diharapkan pandai-pandai mengemas proses transfering konsep-konsep fisika ke dalam tujuan itu.

Para guru diharapkan dapat memastikan percobaan-percobaan dan latihan-latihan dapat dilaksanakan atau dikerjakan oleh siswa. Blok ini semoga membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi para siswa dan guru-guru sains pada umumnya dan guru Fisika pada khususnya.

aku belajar dari matahari bagaimana untuk menyentuhmu dengan cahaya itu
aku belajar dari bintang-bintang bagaimana membahagiakanmu dalam gelap itu
aku belajar dari hujan bagaimana menyejukkan jiwamu dengan suara dan rintih itu
aku belajar dari awan bagaimana meneduhkan dengan redup dan senyap itu
aku belajar dari angin bagaimana mendatangimu dengan nyaman dan sunyi itu
aku belajar dari cinta bagaimana menyayangimu dengan jiwa dan ragaku

Pristiadi Utomo

Penulis buku Fisika Interaktif ini lahir di Rembang kota pesisir utara bagian paling timur di Propinsi Jawa Tengah. Pada tahun 1979 dia menyelesaikan sekolah dasar di SD Negeri Kutoharjo III Rembang. Pada saat itu dia terpilih sebagai pelajar teladan tingkat kabupaten, dan mewakili Kabupaten Rembang mengikuti seleksi pelajar teladan SD se-propinsi Jawa Tengah tahun 1978 di Semarang. Kemudian dia melanjutkan pendidikan di SMP Negeri II Rembang lulus pada tahun 1982. Juara III diperoleh pada saat pengumuman kelulusan SMP. Tingkat SMA ditempuh di SMA Negeri II Rembang masuk jurusan IPA dan lulus tahun 1985. Sejak kelas I sampai kelas III SMA dia menjadi tim inti cerdas cermat sekolah materi P4 dan langganan juara I, hingga selalu mewakili Kabupaten Rembang sampai tingkat karesidenan Pati. Di SMA aktif dalam OSIS di seksi ilmiah, mengampu majalah dinding sekolah. Dia diterima di PMDK IPB jurusan Teknologi Alat Pertanian dan lolos Sipenmaru di IKIP Negeri Semarang jurusan Fisika. Akhirnya dia memilih menekuni Pendidikan Fisika hingga lulus tahun 1990. Semenjak mahasiswa tingkat II dia sudah aktif mengajar Fisika di SMA dan SMP swasta di Kota Semarang, serta aktif menjadi tentor Fisika di Bimbingan Belajar Primagama. Begitu lulus dia diterima menjadi guru tetap Fisika di SMA Karangturi Semarang sampai tahun 1995. Kemudian meniti karir sebagai PNS di SMA Negeri 1 Kabupaten Purbalingga hingga tahun 2005. Pada tahun 2002 mengadakan penelitian kependidikan tingkat Kabupaten Purbalingga. Pada tahun 2004 meraih juara I pengelola Perpustakaan tingkat nasional di Jakarta. Awal tahun 2006 dia berpindah tugas di Kota Semarang sebagai guru FIsika di SMK Negeri 11 Semarang, serta menjadi pengasuh tetap Majalah Sekolah Gradasi pada rubrik Fast Solution. Dia menyelesaikan pasca sarjana (S2) di jurusan Fisika UNNES Semarang pada tahun 2007. Pada tahun itu pula buku Fisika Interaktif yang ditulisnya lolos seleksi Pusat Perbukuan dan diterbitkan oleh Penerbit Ganeca Exact – Azka Press, Jakarta.

Materi Fisika

Materi Fisika
Dapat download materi pelajaran fisika untuk SMP - SMK - SMA / MA karya Pristiadi Utomo. Klik aja foto berjenggot ini...

Aturan Angka Penting

a. Semua angka bukan nol adalah angka penting

Contoh: 141,5 m memiliki 4 angka penting

27,3 gr memiliki 3 angka penting

b. Semua angka nol yang terletak di antara angka-angka bukan nol termasuk angka penting.

Contoh: 340,41 kg memiliki 5 angka penting

5,007 m memiliki 4 angka penting

c. Semua angka nol di sebelah kanan angka bukan nol tanpa desimal tidak termasuk angka penting, kecuali diberi tanda khusus garis mendatar atas atau bawah termasuk angka penting

Contoh: 53000 kg memiliki 2 angka penting

530000 kg memiliki 5 angka penting

d. Semua angka nol di sebelah kiri angka bukan nol tidak termasuk angka penting.

Contoh: 0,00053 kg memiliki 2 angka penting

0,000703 kg memiliki 3 angka penting

e. Semua angka nol di belakang angka bukan nol yang terakhir tetapi dibelakang tanda desimal adalah angka penting.

Contoh: 7,0500 m memiliki 5 angka penting

70,500 m memiliki 5 angka penting

f. Untuk penulisan notasi ilmiah. Misalnya 2,5 x 103 , dimana 103 disebut orde. Sedangkan 2,5 merupakan mantis. Jumlah angka penting dilihat dari mantisnya dalam hal ini memiliki 2 angka penting.

Contoh lain 2,34 x 102 memiliki3 angka penting

Pembulatan Bilangan Penting.

Bilangan dibulatkan sampai mengandung sejumlah angka penting yang diinginkan dengan menghilangkan satu atau lebih angka di sebelah kanan tanda koma desimal.

a Bila angka itu lebih besar daripada 5, maka angka terakhir yang dipertahankan harus dinaikkan 1.

Contoh: 34,46 dibulatkan menjadi 34,5

b. Bila angka itu lebih kecil daripada 5, maka angka terakhir yang dipertahankan tidak berubah.

Contoh: 34,64 dibulatkan menjadi 34,6

c. Bila angka itu tepat 5, maka angka terakhir yang dipertahankan harus dinaikkan 1 jika angka itu tadinya angka ganjil, dan tidak berubah jika angka terakhir yang dipertahankan itu tadinya angka genap.

Contoh: 34,75 dibulatkan menjadi 34,8

34,65 dibulatkan menjadi 34,6

Sekilas Tabiat Mulia Rasulullah

1. Beliau biasanya memaafkan musuh dan para sahabat-sahabatnya yang menyakitinya. Di perang Uhud beliau berdoa untuk kaum kafir yang menyebabkan mulutnya berdarah
“Ya Allah maafkan mereka yang tidak tahu”

2. Beliau sangat penyantun. Beliau biasa memberi minum hewan piaraanya dengan ember dan menunggunya hingga selesai. Beliau membersihkan wajah dan mata kuda tungganganya.

3. Ketika dipanggil, beliau menjawab dengan berkata “labaik” (ya!)
Beliau tidak pernah melangkahi orang lain. Beliau biasa duduk di kedua kakinya. Ketika menunggang hewan dan melihat ada orang yang berjalan, beliau mengajak orang itu menumpang di hewan tunggangannya.

4. Beliau tidak memandang dirinya memiliki kelebihan dibanding lainnya. Ketika sedang berada dalam sebuah perjalanan bersama sahabat-sahabatnya mereka bermaksud memasak seekor kambing. Salah seorang di antara mereka memberikan kambingnya. Ada yang menawarkan diri mengulitinya. Ada yang menawarkan sebagai juru masak. Rasulullah SAW kemudian menawarkan dirinya mencari kayu bakar. Para sahabat
berkata “Ya Rasulullah Anda duduk sajalah. Kami yang akan mencari kayunya.”
Beliau menjawab “ya! saya tahu Anda semua siap melakukannya. Tetapi saya tidak ingin duduk-duduk saja sementara yang lain bekerja. Allah tidak suka kalau ada yang duduk-duduk saja sedang yang lain bekerja. ” Beliau lalu berdiri dan pergi mencari kayu bakar.

5. Ketika beliau mengunjungi sahabat-sahabatnya beliau tidak selalu duduk di bagian depan. Beliau mencari tempat yang kosong. Ketika beliau datang, sahabat-sahabatnya cepat-cepat berdiri. Beliau berujar “janganlah kalian berdiri untuk menghormatiku bersikaplah biasa seperti ketika kalian kedatangan orang lain. Saya seperti orang lain. Saya makan seperti yang lainnya. Sayapun duduk kalau lelah.”

6. Seringkali nabi duduk di kedua lututnya. Beliau juga pernah berdiri menggunakan lututnya ketika memeluk menyambut sahabat-sahabatnya. Beliau tidak pernah membedakan makanan untuknya dan para pembantunya, demikian juga dalam hal berpakaian. Beliau sering membantu pelayannya menyelesaikan pekerjaan. Beliau tidak pernah menyumpahi atau menyakiti orang lain. Anas bin Malik, yang setia melayaninya berkata, “aku menjadi pelayan Rasulullah selama 10 tahun. Beliau membantuku lebih sering dibanding aku membantunya. Beliau tidak pernah memarahiku. Beliau tidak pernah berkata kasar kepadaku.”

7. Beliau suka menambal sendiri pakaiannya yang sobek, memerah susu kambingnya, dan memberi minum hewan piaraannya. Beliau sering membawa barang-barang belanjaan sendiri ke rumahnya. Dalam perjalanan, beliau sering memberi makan hewan tunggangannya. Kadang-kadang beliau melakukannya sendiri dan kadang-kadang dilakukan oleh pelayannya.

8. Ketika beliau dipanggil dengan sebutan pelayan oleh seorang pelayan, sebuah kebiasaan di Madinah, beliau lalu berjalan dengan pelayan itu beriringan.

9. Beliau sering mengunjungi orang yang sakit dan menghadiri pemakamannya. Untuk menggembirakan hati si sakit, beliau mengunjunginya meskipun si sakit kafir atau munafik.

10. Setelah beliau melaksanakan sholat subuh di Masjid, beliau menghampiri para sahabatnya sambil berkata: “Adakah yang sakit? Bila ada mari kita mengunjunginya.” Kemudian beliau juga berkata:”adakah yang meninggal? Bila ada mari kita membantunya.”Kemudian beliau sering juga berkata:”adakah di antara kalian yang bermimpi sesuatu? Bila ada mari kita tafsirkan mimpinya.” Bila ada yang meninggal beliau membantu menyiapkan pemakamnnya dan menyolatkannya serta menghadiri pemakamannya.

11. Ketika beliau tidak melihat sahabat-sahabatnya selama tiga hari beliau akan menanyakannya. Bila sahabatnya itu sedang bepergian beliau mendoakannya, atau bila sahabatnya ada dikotanya beliau akan mengunjunginya.

12. Beliau selalu mendahului menyambut orang lain yang dijumpainya.

13. Beliau suka mengendarai unta, keledai, dan kadang-kadang mengajak orang lain menunggang bersamanya.

14. Beliau suka melayani tamunya dan para sahabatnya dan beliau menyatakan:
“orang yang paling dekat dengan masyaraktnya adalah orang yang selalu melayani orang lain.”

15. Tidak seorang pun pernah menyaksikan beliau tertawa terbahak-bahak. Beliau suka tersenyum kecil. Kadang-kadang gigi depannya tampak ketika beliau tertawa.

16. Beliau selalu tampak hati-hati dan cermat. Beliau suka berbicara pelan-pelan. Beliau biasa memulai pembicaraan dengan senyum.

17. Beliau tidak pernah berbicara yang mubazir atau tanpa keperluan. Bila beliau memerlukan sesuatu beliau akan berbicara dengan singkat dan jelas. Terkadang beliau mengulangi pembicaraan sampai tiga kali agar bisa dipahami.


Kasih Sayang

Suatu ketika, ada seorang wanita karir yang kembali pulang ke rumah, dan ia melihat ada 3 orang pria berjanggut yang duduk di halaman depan. Wanita itu tidak mengenal mereka semua. Wanita itu berkata: "Aku tidak mengenal Anda, tapi aku yakin Anda semua pasti sedang lapar. Mari masuk ke dalam, aku pasti punya sesuatu untuk mengganjal perut". Pria berjanggut itu lalu balik bertanya, "Apakah suamimu sudah pulang?"

Wanita itu menjawab, "Belum, dia sedang keluar". "Oh kalau begitu, kami tak ingin masuk. Kami akan menunggu sampai suami mu kembali", kata pria itu.

Di waktu senja, saat keluarga itu berkumpul, sang isteri menceritakan semua kejadian tadi. Sang suami, awalnya bingung dengan kejadian ini, lalu ia berkata pada istrinya, "Sampaikan pada mereka, aku telah kembali, dan mereka semua boleh masuk untuk menikmati makan malam ini".

Wanita itu kemudian keluar dan mengundang mereka untuk masuk ke dalam. "Maaf, kami semua tak bisa masuk bersama-sama", kata pria itu hampir bersamaan. "Lho, kenapa? tanya wanita itu karena merasa heran. Salah seseorang pria itu berkata, "Nama dia Kekayaan," katanya sambil menunjuk seorang pria berjanggut di sebelahnya, "sedangkan yang ini bernama Kesuksesan, sambil memegang bahu pria berjanggut lainnya. Sedangkan aku sendiri bernama Kasih-sayang. Sekarang, coba tanya kepada suamimu, siapa diantara kami yang boleh masuk ke rumahmu."

Wanita itu kembali masuk ke dalam, dan memberitahu pesan pria di luar. Suaminya pun merasa heran. "Ohho...menyenangkan sekali. Baiklah, kalau begitu, coba kamu ajak si Kekayaan masuk ke dalam. Aku ingin rumah ini penuh dengan Kekayaan." Istrinya tak setuju dengan pilihan itu. Ia bertanya, "sayangku, kenapa kita tak mengundang si Kesuksesan saja? Sebab sepertinya kita perlu dia untuk membantu keberhasilan panen ladang pertanian kita."

Ternyata, anak mereka mendengarkan percakapan itu. Ia pun ikut mengusulkan siapa yang akan masuk ke dalam rumah. "Bukankah lebih baik jika kita mengajak si Kasih-sayang yang masuk ke dalam? Rumah kita ini akan nyaman dan penuh dengan kehangatan Kasih-sayang." Suami-istri itu setuju dengan pilihan buah hati mereka. "Baiklah, ajak masuk si Kasih-sayang ini ke dalam. Dan malam ini, Si Kasih-sayang menjadi teman santap malam kita."

Wanita itu kembali ke luar, dan bertanya kepada 3 pria itu. "Siapa diantara Anda yang bernama Kasih-sayang? Ayo, silahkan masuk, Anda menjadi tamu kita malam ini."

Si Kasih-sayang bangkit, dan berjalan menuju beranda rumah. Ohho..ternyata, kedua pria berjanggut lainnya pun ikut serta. Karena merasa ganjil, wanita itu bertanya kepada si Kekayaan dan si Kesuksesan. "Aku hanya mengundang si Kasih-sayang yang masuk ke dalam, tapi kenapa kamu ikut juga?

Kedua pria yang ditanya itu menjawab bersamaan. "Kalau Anda mengundang si Kekayaan, atau si Kesuksesan, maka yang lainnya akan tinggal di luar. Namun, karena Anda mengundang si Kasih-sayang, maka, kemana pun Kasih-sayang pergi, kami akan ikut selalu bersamanya. Dimana ada Kasih-sayang, maka kekayaan dan Kesuksesan juga akan ikut serta. Sebab, ketahuilah, sebenarnya kami berdua ini buta. Dan hanya si Kasih-sayang yang bisa melihat. Hanya dia yang bisa menunjukkan kita pada jalan kebaikan, kepada jalan yang lurus. Maka, kami butuh bimbingannya saat berjalan. Saat kami menjalani hidup ini."

Mengenai Saya

Foto Saya

Lahir di Rembang kota pesisir utara bagian paling timur di Propinsi Jawa Tengah. Pada tahun 1979 menyelesaikan sekolah dasar di SD Negeri Kutoharjo III Rembang. Pada saat itu terpilih sebagai pelajar teladan tingkat kabupaten, dan mewakili Kabupaten Rembang mengikuti seleksi pelajar teladan SD se-propinsi Jawa Tengah tahun 1978 di Semarang. Kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri II Rembang lulus pada tahun 1982. Juara III pada saat pengumuman kelulusan SMP. Tingkat SMA ditempuh di SMA Negeri II Rembang masuk jurusan IPA dan lulus tahun 1985. Sejak kelas I sampai kelas III SMA menjadi tim inti cerdas cermat sekolah materi P4 dan langganan juara I, hingga selalu mewakili Kabupaten Rembang sampai tingkat karesidenan Pati. Di SMA aktif dalam OSIS di seksi ilmiah, mengampu majalah dinding sekolah. Diterima di PMDK IPB jurusan Teknologi Alat Pertanian dan lolos Sipenmaru di IKIP Negeri Semarang jurusan Fisika. Akhirnya memilih menekuni Pendidikan Fisika hingga lulus tahun 1990. Semenjak mahasiswa tingkat II  sudah aktif mengajar Fisika di SMA dan SMP swasta di Kota Semarang, serta aktif menjadi tentor Fisika di Bimbingan Belajar Primagama. Begitu lulus diterima menjadi guru tetap Fisika di SMA Karangturi Semarang sampai tahun 1995. Kemudian meniti karir sebagai PNS di SMA Negeri 1 Kabupaten Purbalingga hingga tahun 2005. Pada tahun 2002 mengadakan penelitian kependidikan tingkat Kabupaten Purbalingga. Pada tahun 2004 meraih juara I pengelola Perpustakaan tingkat nasional di Jakarta. Awal tahun 2006 dia berpindah tugas di Kota Semarang sebagai guru Fisika di SMK Negeri 11 Semarang, serta menjadi pengasuh tetap Fast Solution majalah sekolah Gradasi. Dia menyelesaikan pasca sarjana (S2) di jurusan Fisika UNNES Semarang pada tahun 2007. Pada tahun itu pula buku Fisika Interaktif yang ditulisnya lolos seleksi Pusat Perbukuan dan diterbitkan oleh Penerbit Ganeca Exact – Azka Press, Jakarta.Sementara masih berniat menyelesaikan S3 di UGM Jogjakarta.

Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal,

aku bermimpi ingin mengubah dunia.

Seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku,

kudapati bahwa dunia tidak kunjung berubah.

Maka cita-cita itu pun agak kupersempit,

lalu kuputuskan untuk hanya mengubah negeriku.

Namun tampaknya, hasrat itupun tiada hasilnya.

Ketika usiaku semakin senja dengan semangatku yang masih tersisa,

kuputuskan untuk mengubah keluarga,

orang-orang yang paling dekat denganku.
Tetapi celakanya,

merekapun tidak mau diubah!

Dan kini,

sementara aku berbaring saat ajal

menjelang,

tiba-tiba aku sadari :

“andaikan yang pertama-tama kuubah adalah diriku,

Maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan,

mungkin aku bisa mengubah keluargaku.

Lalu berkat inspirasi dan dorongan

mereka,

bisa jadi aku pun mampu memperbaiki

negeriku,

Kemudian siapa tahu aku bahkan bisa mengubah dunia !”

Terukir di sebuah makam di Westminter Abbey, Inggris, 1100 M

Anak

Dan seorang wanita yang mendekap anaknya berkata

Bicaralah pada kami perihal anak-anak

Maka orang bijak itu pun bicara

Putramu bukanlah putramu

Mereka adalah putra-putri kehidupan

Yang mendambakan kehidupan mereka sendiri

Mereka datang melalui kamu tapi tidak dari kamu

Dan sungguhpun bersamamu mereka bukanlah milikmu

Engkau dapat memberikan kasih sayangmu

Tapi tidak pendirianmu

Sebab mereka memiliki pendirian sendiri

Engkau dapat memberikan tempat berpijak bagi raganya

Tapi tidak bagi jiwanya

Lantaran jiwa mereka ada di masa datang

Yang tidak bisa engkau capai sekalipun dalam mimpi

Engkau boleh berusaha mengikuti alam mereka

Tapi jangan mengharap mereka dapat mengikuti alammu

Sebab hidup tidaklah surut ke belakang

Tidak pula tertambat di masa lalu

Engkau adalah busur

Bagi anak panah putra-putrimu melesat ke masa depan

(Gibran)

Dari Lingkungan Hidupnya … Anak-Anak Belajar

Jika anak biasa hidup dicacat dan dicela, kelak ia akan terbiasa menyalahkan orang lain.

Jika anak terbiasa hidup dalam permusuhan, kelak ia akan terbiasa menentang dan melawan.

Jika anak biasa hidup dicekam ketakutan, kelak ia akan terbiasa merasa resah dan cemas.

Jika anak biasa hidup dikasihani, kelak ia akan terbiasa meratapi nasibnya sendiri.

Jika anak biasa hidup diolok-olok, kelak ia akan terbiasa menjadi pemalu.

Jika anak biasa hidup dikelilingi perasaan iri, kelak ia akan terbiasa merasa bersalah.

Jika anak biasa hidup serba dimengerti dan dipahami, kelak ia akan terbiasa menjadi penyabar.

Jika anak biasa hidup diberi semangat dan dorongan, kelak ia akan terbiasa percaya diri.

Jika anak biasa hidup banyak dipuji, kelak ia akan terbiasa menghargai.

Jika anak biasa hidup tanpa banyak dipersalahkan, kelak ia akan terbiasa senang menjadi dirinya sendiri.

Jika anak biasa hidup mendapatkan pengakuan dari kiri kanan, kelak ia akan terbiasa menetapkan sasaran langkahnya.

Jika anak biasa hidup jujur, kelak ia akan terbiasa memilih kebenaran.

Jika anak biasa hidup diperlakukan adil, kelak ia akan terbiasa dengan keadilan.

Jika anak biasa hidup mengenyam rasa aman, kelak ia akan terbiasa percaya diri dan mempercayai orang-orang di sekitarnya.

Jika anak biasa hidup di tengah keramahtamahan, kelak ia akan terbiasa berpendirian : “Sungguh indah dunia ini !”

Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia belajar memaki.

Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, ia belajar berkelahi.

Jika anak dibesarkan dengan cemoohan, ia belajar rendah diri.

Jika anak dibesarkan dengan penghinaan, ia belajar menyesali diri.

Jika anak dibesarkan dengan toleransi, ia belajar menahan diri.

Jika anak dibesarkan dengan dorongan, ia belajar percaya diri.

Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baiknya perlakuan, ia belajar keadilan.

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, ia belajar menemukan cinta dalam kehidupan.

(Dorothy Law Nolte)

Pengetahuan

Di masa Al Kindi sampai Ar Razi, dari Al Biruni sampai Ibnu Sina, dan Al Khawarizmi peradaban Islam menjadi raksasa sains sampai abad pertengahan. Sementara orang-orang Eropa banyak yang masih buta huruf. Tatkala merebut Ankara, Khalifah Harun Al Rasyid (786-809) dan ketika Khalifah Al Ma’mun (814-833) meraih kemenangan atas Kaisar Romawi Timur, Michel II, kedua pemimpin Islam itu tidak menuntut ganti rugi peperangan kecuali penyerahan manuskrip-manuskrip kuno. Di mesir pada abad ke 10, Khalifah Al Aziz memiliki perpustakaan dengan 1.600.000 buku dan 16.000 diantaranya tentang matematika. Sejak Alexander Agung membangun kota Iskandariah, perpustakaan Athena (Yunani) diboyong ke Iskandariah dan diterjemahkan ke bahasa Arab. Peradaban berkembang ke Spanyol (Cordoba), kontak dagang dengan perancis mulailah buku-buku sains Islam banyak diterjemahkan dari bahasa Arab ke Eropa dan diduplikasi hal itu mencerdaskan masyarakat Eropa. Jadi ilmu sains masuk deras ke Eropa di abad pertengahan (Renaisance). Adanya perang salib membawa alkulturasi/pertukaran budaya Islam-Eropa terutama dari Turki. Sejak itu sains eropa berkembang, termasuk pelayaran/ penjelajahan dunia akhirnya kolonialisasi marak. Di Cordoba sejak dioposisi kaum konservatif, krisis ekonomi-politik dan keterasingan. Sains dan saintis pada masa itu sering ditentang dan disudutkan, misalnya dalam kasus pembakaran buku-buku sains dan filsafat di Cordoba. Munculnya macam-macam aliran sufisme, krisis ekonomi, kekacauan politik dan keterasingan umat Islam memiliki sumbangan signifikan pada kejatuhan sains ini. Kehilangan dukungan pilar-pilar ini membuat perjalanan sains Islam menjadi mandeg, bahkan berhenti. Alhamdulillah belakangan mulai dikejar lagi.

Ya Allah

Bismillahir rahmaanir rahiimi.

Segala puji bagi Allah yang telah memerintah kami untuk bersyukur dan berbuat baik kepada ibu dan bapak, dan berwasiat agar kami menyayangi mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidik kami sewaktu kecil.

Ya Allah, sayangilah kedua orang tua kami. Ampuni, rahmati dan ridhoilah mereka.

Ya Allah, ampuni mereka dengan ampunan menyeluruh yang dapat menghapus dosa-dosa mereka yang lampau dan perbuatan buruk yang terus-menerus mereka lakukan.

Ya Allah, berbuat baiklah kepada mereka sebanyak kebaikan mereka kepada kami setelah dilipatgandakan, dan pandanglah mereka dengan pandangan kasih sayang sebagaimana mereka dahulu memandang kami.

Ya Allah, berilah mereka hak rububiyah-Mu yang telah mereka sia-siakan karena sibuk mendidik kami.

Maafkan segala kekurangan mereka dalam mengabdi kepada-Mu karena mengutamakan kami.

Maafkan mereka atas segala shubhat yang mereka jalani dalam usaha untuk menghidupi kami.

Ya Allah, berilah mereka bagian ganjaran dari ketaatan yang Engkau hidayahkan kepada kami, kebaikan yang Engkau mudahkan bagi kami, dan taufik yang telah mendekatkan kami kepada-Mu. Dan jangan bebankan kepada mereka segala dosa dan kesalahan yang kami lakukan dan tanggung jawab yang kami emban. Dan janganlah tambahkan dosa kami ke atas dosa mereka.


Walhamdu lillahi Robbil’Aalamin. Amien.

Blog Saya

Tautan Blog

Listrik Dinamik Kelas 12 PS 5

Video Listrik Statik Karya Siswa

Video Listrik Statik Siswa 12 PS 1 Kelompok 3

Video Listrik Dinamik Kelas 12 PS 3

Generator Van de Graff Mr Bean

Karya Siswa Kelas 12 PS 1 Kelompok 1